Laptop di Shutdown Nyala Lagi

Diposting pada

Nah apa jadinya kalo laptop tidak bisa di shutdown? Pasa udah mati tiba-tiba nyala lagi begitu seterusnya. Untuk mengetahui solusi dari permasalah ini kita harus tahu dulu bagaimana cara kerja dari pe-nyala-an dan pe-mati-an sebuah laptop.
Tombol power, sebagai salah satu bagian dari laptop yang berfungsi untuk menyalakan laptop dan bisa jvuga untuk mematikannya tentu tidak bekerja sendirian. Terdapat sebuah IC chipset yang bekerja secara langsung bersama-sama dengan tombol power saat menyalakan laptop, atau men-fungsikan tombol ini untuk mematikan laptop. Saat kita menekan tombol power ( pada sebagian besar laptop ), sebenarnya kita sedang memicu transistor yang berada integrated dalam IC chipset ( southbridge chipset ) tersebut sehingga memancing ic power (mosfet) sebagai komponen switch utama dan menjadikannya bekerja sebagaimana sebauh saklar yang sedang ON ( nyambung ).
Maka saat kita men-fungsikan tombol power untuk mematikan laptop sebenarnya kita sedang memicu IC power tersebut diatas agar bekerja sebagaimana sebuah saklar yang OFF ( putus ).
Maka dari keterangan diatas kita bisa ambil kesimpulan bahwa terdapat 2 buah komponen utama yang bekerja pada proses penyalaan dan pematian laptop :
1. Tombol power
2. IC power sebagai komponen switching
3. Chipset I/O sebagai reader dari pada tombol power
Maka, jika terdapat masalah pada laptop, misalnya saat di shutdown laptop malah restart terus, jika tidak ada masalah pada operating system, kita bisa mencurigai ke tiga komponen diatas.
Untuk memastikan bahwa kerusakan terjadi bukan pada operating system kita bisa melakukan proses pematian menggunakan tombol power. Ambil dulu hardisk pada laptop tersebut, kemudian nyalakan laptop tanpa hardisk dan matikan menggunakan tombol power, jika berhasil maka kemungkinan masalah terjadi pada operating system, solusinya adalah instal ulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *