Laptop Ketumpahan Kuah

Diposting pada

Wah kalau sudah begini pasti bikin gregetan, pas lagi makan bakso sambil lihat film di laptop eh ada yang nyenggol dari belakang tumpah deh baksonya, ngenai laptop lagi, pasti langsung rusak deh laptopnya.
Kejadian diatas ternyata sering dialami oleh pengguna laptop, sebagaimana kita tahu bahwa air adalah musuh utama laptop dan semua perangkat elektornika yang lain. Air yang masuk ke area motherboard jika mengenai IC akan mengakibatkan IC tersebut tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya, bahkan bisa saja menyebabkan IC tersebut rusak.
Jika terjadi problem seperti diatas maka ada beberapa langkah yang sebaiknya segera kita lakukan.
1. Segera lepas charger.
2. Segera matikan laptop dengan menekan tombol power sampai semua indikator lampu laptop benar-benar mati.
3. Segera lepas battery laptop agar semua sumber listrik pada motherboard hilang, untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.
4. Diamkan laptop dengan posisi terbalik. Bagian bawah laptop dibalik keatas.
Setelah langkah-langkah urgent diatas sudah dilakukan maka selanjutnya, setelah ada waktu luang, adalah menganalisa kerusakan yang diakibatkan oleh tertumpahnya kuah atau air apapun tersebut.
1. Silahkan bungkar laptop, ambil keyboardnya dan keringkan dibawah sinar matahari dengan posisi terbalik.
2. Kemudian ambil motherboard laptop dan telusuri bagian mana saja yang terkena air. Kemudian bersihkan dengan tisu pelan2 kemudian jemur dibawah terik matahari atau panasi menggunakan heater blower.
3. Setelah kering bersihkan sisa-sisa kuah pada motherboard menggunakan sikat gigi dan pastikan benar-benar bersih terutama pada kaki-kaki IC. Untuk melakukan testing mending nunggu keesokan harinya demi keamanan.

3 thoughts on “Laptop Ketumpahan Kuah

  1. mas mau tanya, saya punya laptop acer 4745G dan tertumpahan air minum, saat ini kondisi laptop masih nyala dan tiba2 mati. saya diamkan beberapa saat pada kondisi mati. dan saya keringkan menggunakan hair dryer. setelah sekitar 30 menit saya nyalakan kembali dan laptopnya nyala namun tut keyboard beberapa tidak normal dan tidak berfungsi.lalu saya matikan kembali, selang beberapa hari saya nyalakan kembali namun tetap sama kondisi keyboard nya. saya gunakan untuk memindahkan data. namun setelah sekitar 30 menit menyala laptop saya mati mendadak. saya coba nyalakan kembali tetap sama. saya putuskan utk membawa ke tempat service, di tempat service dikatakan bahwa keyboard saya harus diganti dan fan saya tidak menyala. oleh tukang service mengatakan beliau sudah mengganti keyboard dan ic fan untuk menaikan teganggan fan. setelah saya ambil laptop maka saya gunakan laptop tersebut namun selang 1 jam fan nya mati/nyalapelan sekali. alhasil laptop mati mendadak. saya komplain kembali ke tukang service, dia menyatakan bahwa laptop saya terdapat kerusakan pada chipset, karena tidak mampu membagi arus ke fan, karna pada saat dicoba dinyalakan fan bisa nyala, namun saat hardisk bekerja fan tiba2 mati. saya bingung untuk masalah ini. menurut mas apa sebenarnya masalah saya? soalnya saat saya baca2 beberapa artikel mas, tidak ada ciri kerusakan chipset pada laptop saya. mohon pencerahan. atau jika berkenan email ke saya [email protected]

  2. arus fan diambil dari power supply, tidak melalui chipset, dia punya ic kontrol sendiri, kontrol putaran diatur oleh temperature, bukan dari chipset, chipset hanya memonitoring saja.
    kalo melihat kasusnya sangat tergantung bagian mana yang terkena air gan. seharusnya segera dibungkar dan di jemur sampek benar2 kering, pake matahari lebih aman.
    Kalo bisa terdeteksi bagian yang terkena air tentu akan mudah mencari komponen yg bermasalah. kalo fa tiba-tiba berhenti saat hardisk bekerja kayaknya ada drop tegangan, kemungkinan di bagian 5.5V, ini juga cuma prediksi saja.
    lebih baik di bawa ke tempat service yang spesial nangani hardware gan, yg bisa dipercaya karena sepertinya kerusakannya kok tambah parah begitu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *