Laptop Windows 7 Welcome Terus

Diposting pada

Laptop yang menggunakan OS Windows 7 bisa menyala normal namun begitu sampai di tampilan Welcome berhenti, loading terus menerus, sehingga desktop Windows 7 tidak tampil-tampil, bagaimana cara untuk memperbaikinya?

Masalah ini biasanya terjadi pada laptop yang baru saja di tancepi flashdisk yang kemungkinan terjangkit virus, dan anti virus pada laptop sudah kedaluarsa atau bahkan tidak ada anti virusnya, sehingga kemungkinan virus dari flashdisk langsung saja masuk ke system dan mempengaruhi beberapa komponen booting operating system dalam hal ini Windows 7.

Jika salahsatu atau lebih komponen system terjangkit virus tentu saja kinerjanya akan terganggu termasuk proses booting yang tidak berujung.

Padahal di drive C (biasanya My document) terdapat data penting, sehingga kalo diinstall ulang akan mengakibatkan hilangnya data penting tersebut. Nah langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menghindari hilangnya data tersebut dan menyembuhkan penyakit macet tersebut adalah sebagai berikut.
1. Matikan laptop. Saat berhenti pada tampilan Welcome, tekan tombol power dan tahan (jangan dilepaskan) sampai layar mati, demikian juga semua lampu indikator, lepaskan setelah laptop benar-benar mati.
2. Masuk ke save mode. Tekan tombol power laptop untuk menyalakan dan segera tekan tombol F8 berkali-kali sampai masuk tampilan yang memberi kita beberapa pilihan salahsatunya Save mode. Pilih pilihan Save Mode tersebut dan tekan Enter, maka laptop akan masuk Windows dengan status Save mode.
3. Amankan data. Setelah masuk windows (save mode) cari data-data penting di drive C termasuk My document, My picture, My music dan lain-lain, dan pindah ke drive lain ( D, E dst. )
4. Open System Restore. Lakukan restore system menggunakan option Open System Restore pada Control panel. Caranya, buka Control panel, cari pilihan Recovery dan klik, kemudian klik tombol Open system restore. Maka akan muncul tampilan System restore, pilih dan centang pilihan Choose a different restore point, kemudian klik Next maka akan muncul pilihan tanggal kapan yang kita inginkan untuk megembalikan settingan system, usahakan pilih tanggal dimana kita yakin saat itu laptop kita belum error. Dan klik Finish, maka laptop akan segera melakukan restore secara otomatis dan restart.

Baca juga :   Tidak Bisa Install OS 64 Bit Pada Laptop Ini

Proses akan berlanjut setelah restart, tunggu sampai selesai maka laptop akan normal kembali dan tidak macet lagi di tampilan Welcome. Lihat screen shot berikut untuk lebih jelas.

Laptop Windows 7 Welcome Terus
Laptop Windows 7 Welcome Terus
Laptop Windows 7 Welcome Terus
Laptop Windows 7 Welcome Terus
Laptop Windows 7 Welcome Terus

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas kita bisa memperbaiki laptop yang macet di tampilan Welcome, biasanya pada Windows 7 tanpa install ulang dan tanpa kehilangan data-data penting di drive C, semoga bermanfaat.

20 thoughts on “Laptop Windows 7 Welcome Terus

  1. Sama gan kasusnya… tapi saya punya cara lain, biasa saya tekan power off hingga mati, trus hidupkan lagi.. setelah itu tekan F8 lalu pilih last good configuration.. kalau gagal stuck di welcome lagi.. tekan tombol powernya lagi.. trus hdupkan.. lalu choose Start Windows Normal aja..

  2. Terima kasih bamyak..atas penjelasan ini sangat bermamfaat.. Saya jadi bisa mengtasi Leptop saya yang tidak bisa saya opradikan karena tidak bisa kebuka.. Setelah saya mengikuti saran disini Leptop bisa saya gunakan kembali
    Terima kasih Banget..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *