Perlengkapan untuk memperbaiki Netbook Aspire One D270 Mati Total

Diposting pada

Laptop mati total, masalah yang kadang memang membuat kita benar-benar di bikin pusing 7 keliling kwadrat, dan zaman sekarang makin banyak sajalaptop yang mengidap penyakit ini, bahkan sering terjadi pada laptop atau netbook yang belum lama dibeli atau baru. Kita, sebagai teknisi dituntut untuk semakin pinter saja menghadapi masalah serupa yang penanganannya kadang tidak sama antara satu laptop yang mati total dengan laptop mati total yang lain.
Kadang penyakit ini bisa dengan mudah ditangani, pas yang rusak Fuse alias sekringnya, tinggal lepas ganti beres, namun kadang juga njlimet dan bikin hampir putus asa karena kerusakannya sulit di deteksi.
Nah, dalam post ini saya akan tunjukkan salah satu tool atau perlengkapan yang dengannya kita bisa lebih mudah memperbaiki netbook aspire one D270. Dengan tool ini kita bisa mencari dengan mudah detail track dari sebuah jalur power, atau detail komponen yang saling terhubung secara langsung, atau untuk menentukan komponen mana yang dilepas untuk mem-peta-kan blok blok tertentu sehingga kita bisa menganalisa kerusakan per-blok dan menemukan sumber masalah dengan lebih mudah.
Dengan tool ini, kita bisa menemukan dengan sangat mudah komponen-komponen mana saja yang bekerja sebagai pemeran utama dan pendukung terbentuknya tegangan 1,1V atau tegangan kecil lain untuk mendukung kinerja prosesor.
Tool ini dinamakan Schematics diagram, hahaha….
Download link : AOD270 schematics
Jadi inti dari post ini adalah sharing skema motherboard netbook Aspire One D270 bisa didapatkan dengan gratis.
Kemudian netbook AOD270 mati total yang kita akan share adalah kondisi dan penangannya sebagai berikut.
Kondisi dari netbook adalah : tidak bisa dinyalakan sama sekali, netbook tidak bisa di charging ditandai dengan tidak menyalanya indikator charging pada netbook saat charger di tancepin. Laptop juga tidak bisa dinyalakan walopun menggunakan charger saja.
Dan setelah dianalisa ternyata bagian output IC power atau mosfet utama short ke ground. Ini adalah jalur Vin, silahkan check di diagram skema untuk menelusuri jalur mana saja yang terhubung secara langsung dengan Vin.
Nah, dengan bekal skema tersebut kita telah telusuri seluruh jalur dan komponen yang terhubung secara langsung dengan jalur ini terutama kapasitor yang menghubungkan jalur ini ke ground secara kapasitif.
Maka ditemukan sebuah kapasitor tantalum yang memang short (konslet), setelah dilepas dan diganti dengan yang lain maka netbook kembali normal dan semua bagian bekerja sebagaimana mestinya.

kapasitor short menyebabkan netbook matot

Dengan menggunakan skema tersebut diatas saya hanya butuh waktu kira-kira 10 menit untuk menemukan kapasitor ini, maka jangan ragu-ragu, download aja biat kerja lebih cepet biar segera bisa kerjakan laptop lain, semoga sukses atasi AOD270 mati total.

2 thoughts on “Perlengkapan untuk memperbaiki Netbook Aspire One D270 Mati Total

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *