Printer Epson Masuk Angin

Diposting pada

Sebagaimana kita tahu bahwa printer epson terkenal dengan borosnya tinta, namun jika masuk angin sangat mudah penanganannya, yaitu hanya dengan melakukan cleaning tintapun akan tersedot dengan kencang dan bablas angin-e, namun akan menjadi masalah jika penyedotnya tidak bekerja sebagaimana mestinya.
Nah kita akan bahas maasalah ini disini.
Jadi system kerja penyedot tinta pada printer epson dan printer lain pada umumnya adalah menggunakan sebuah media putar yang salah satu bagiannya menekan selang penyedot tinta, karena media ini berputar maka bagian yang menekan selang tersebut bergeser dan menggeser posisi tinta yang ada didalam selang. Selang ini terhubung ke bagian cleaner yang ada di posisi paskir sebelah kanan katrid, dan ujung yang lain dari selang masuk ke pembuangan, atau jika sudah di modifikasi biasanya dimasukkan ke botol pembuangan di bagian belakang printer.
Pada printer epson yang telah di modifikasi dengan penambahan tabung infus untuk penampungan tinta maka masuk angin ditandai dengan adanya bagian selang yang menuju ke katrid yang kosong (tidak ada tintanya), dan apabila kita melakukan proses cleaning maka perhatikan posisi selang yang kosong tersebut, jika tetap kosong dan tinta tidak bergerak, maka ini meng-indikasikan bahwa penyedot tidak bekerja optimal.
Ada 2 kemungkinan yang menyebabkan masalah ini bisa terjadi.
1. Head buntu
2. Penyedot bermasalah

Untuk mengatasi masalah ini kita perlu menganalisa dari kemungkinan terkecil, yaitu penyedot bermasalah. Action yang bisa kita lakukan adalah cukup mudah, silahkan tarik selang pembuangan, di tarik sedikit saja. Kemudian nyalakan printer dan lakukan proses cleaning, dan perhatikan baigan selang yang masuk angin tersebut, jika terlihat tinta bergerak maka action berhasil dan printer akan segera bekerja dengan normal, namun jika tinta tetap tidak tersedot maka lanjutkan ke action ke dua.
Pada kondisi printer mati silahkan lepas katridnya, kemudian (sesuai dengan warna yang masuk angin) gunakan suntik dan selang (bisa diambil dari selang pembuangan tinta) untuk menyedot tinta pada bagian head dari bagian atas, jika anda kesulitan untuk menyedot ini pertanda bahwa head sedang buntu, sedot terus sampai buntunya hilang, setelah hilang kita bisa mencoba untuk memasang katrid dan menyalakan printer lagi, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *