Ciri-ciri Chipset Rusak Pada Laptop Mati Total

Diposting pada

Saat mendapati sebauh laptop mati total maka pikiran kita langsung menganggap bahwa terdapat komponen yang short ke ground karena short-nya komponen ini menyebabkan arus tidak bisa masuk ke bagian-lain yang ada di jalur yang ikutan short juga gara-gara komponen tersebut, hal ini akan direspon oleh bagian proteksi dan meng-off-kan komponen switch utama (mosfet) dan laptop-pun tidak bisa dinyalakan alias mati total.

Kemudian kita pun melakukan analisa dengan arapan terdapat capasitor yang rusak yang menyebabkan short tersebut, karena memang biasanya short disebabkan oleh sebuh capasitor yang rusak. Dan apa yang terjadi jika ternyata hampir semua kapasitor tidak ada yang bermasalah, maka kitapun berharap terdapat ic power yang rusak.

Jika ternyata ic power juga tidak yang short maka putus asalah kita, wakakak… ( pengalaman )…
Nah jika demikian maka tentu saja mata otak kita tertuju kepada chipset, maka untuk memastikan bahwa memang chipset bermasalah, sebelum melepas chipset, kita coba untuk memisahkan tegangan yang masuk ke chipset. Langkahnya adalah kita cari terlebih dahulu jalur sumber tegangan chipset ( lakukan dari chipset i/o kemudian chipset VGA ).

Baca juga :   Memperbaiki Laptop Mati Total


Pisahkan jalur tegangan chipset dan masukkan tegangan sumber dari charger, jika tegangan yang short bisamasuk ke system maka bisa dipastikan chipset rusak, kemudian untuk memastikan silahkan dilepas chipsetnya menggunakan heater blower dengan hati-hati. Jika ternyata short hilang setelah chipset dilepas maka kita tinggal mengganti chipset tersebut, insyaAllah masalah teratasi dengan baik.

Baca juga :   VGA Rusak, Service Atau Ganti Motherboard ?

Masalah diatas tentu saja tidak lagi menjadi masalah jika kita memiliki peralatan rework  yang pake infrared yang harganya super mahal itu ( buat saya ), jadi tips ini hanya untuk yang belum mampu memeli peralatan rework system biar bisa tetap memperbaiki laptop walopun harus ganti chipset sendiri, g’d luck!

19 thoughts on “Ciri-ciri Chipset Rusak Pada Laptop Mati Total

  1. Selanat siang
    Mas laptop saya mati total, trus saya bawa ke tukang serive ktanya ic powernya, trus dia ngasih waktu seminggu untuk memperbaiki, trus waktu saya kesna lagi buat ngambil laptop saya dia bilang “wah udah gak bisa diperbaiki mas ic chipsetnya gak stabil”
    Maksudnya ic chipset gak stabil apa ya mas
    Terima kasih

  2. Pas sy nyolokin spiker ke laptop langsung ada bunyi ‘ngek ngek’ terus laptop sy mati, kata yg nyervice kena chipset nya, emg bisa ngaruh ya spiker ke chipset? Atau karna spiker sy konslet?

    1. cek dulu setingan di bios sudah betul ato belum. jika sudah betul pastikan OS tidak ada masalah, coba instal ulang dulu. Jika tidak ada masalah, pastikan ram dalam kondisi OK. jika ok berarti ada masalah apda motherboard

  3. Om netbook saya gagal booting, lalu saya masuk ke bios malah stuck di menu, setiap masuk bios pasti stuck macet total di menu setelah masuk beberapa detik.
    Kira-kira kenapa ya?

    Yang mau jawab dan kasih solusi, semoga dilancarkan rejekinya, dan dilimpahkan pahalanya, amiin.

  4. Om laptop sy asus a46cb selama ini sbenarx sy merasa vga nya rusak krna stiap instal vga nvidiax selalu restart sndri, sy uninstall trnyta instal otomatis lg sndri..akhirx sy disable kan nvidiax.. nah kmren ini masalahx beda, krna udh trlalu srig restart sndri (posisi dlm nvidia enable) sya biasa mau masuk lwt safe mode tpi krna bolak balik klmaan akhirx sy bolak balik mematikan paksa melalui tombol power utk bsa masuk safemode (f8)..ini berulang2 krna gak berhasil2..la krna sy matikan paksa berulang2 td tiba2 itu laptop lgsg betttt slow motion… Dr hidupin.. masuk windows.. smuax slow motion..very very slow pokokx.. gak pernah sblumx sperti ini.. krna sy udh 3th pke cra disable/enable dan cara paksa matiin power, bru kali ini sperti ini… Bahkan sy mau cba masuk bios pun jg slow motion… Sy cba bogkar tpi sy gak bsa ngecek mna hardware yg rusak..sy cma memastikan tdk ada komponen yg terbakar.. ram dan hdd udh sy bersihkan dan sya pasang kembali dan masih tetap slow motion (60detik) smp gambar jelas.. pertanyaannya ada apa dg laptop sya? Apakah prosesor nya kena? Dan solusix gmna… Makasih byak om admin sblumx sya mohon pencerahannya….🙏

    1. aditya, makasih udah ikutan nimrung disini,
      analisa kami masalah ada pada hard drive ( hardisk ), coba dinyalakan tanpa hard drive dan masuk BIOS, kalo kerasa enak berarti memang hard drive nya bermasalah, semoga segera fixed yha…

  5. Bos boleh nanya … Saya punya laptop Sony Vaio. Saya gk tahu awal tanda tanda rusak nya kapan, terakhir laptop saya taruh di tas dan sewaktu perjalanan saya letakkan di motor matik bagian pijakan kaki sebelah depan. Bgtu saya nyalakan, ternyata gk nampil tampilan. Setelah saya bongkar dan saya Rehot beberapa memory maupun chipset bisa menyala tetapi hanya sebentar saja sekitar beberapa menit jika pakai RAM tapi saat RAM saya lepas hidup agak lama. Tetapi saat saya sentuh chipset VGA maupun Prosesor nya panas cenderung stabil. Tetapi kok bagian chipset sebelah Hardisk panas sekali, apakah itu normal ya ?! Dan kasus seperti ini rusak dibagian apa ya ?!

  6. mas, nanya..
    laptop dell latitude e5440, ketumpahan air teh, udah saya bongkar semua dan dikeringkan, tapi ketika dipasang baterai/tidak dan dicolokin, cm nyala sebentar di power button nya (3-5 detik) kipas muter sebentar trus mati lagi…
    kira2apanya,
    maturnuwun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *