Laptop Restart Sendiri Sebelum Masuk Windows

Diposting pada

Salah satu penyakit laptop yang bisa dinilai agak berat adalah restart sendiri sebelum masuk windows, biasanya pas muncul tampilan welcome tiba-tiba bluescreen dan laptop-pun restart dengan sendirinya.
Salah satu penyebab masalah ini adalah hardisk yang sudah kurang bagus, sehingga tidak bisa bekerja dengna maksimal, untuk memastikannya kita bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Matikan laptop, tekan dan tahan tombol power sampai laptop benar-benar mati.
2. Nyalakan lagi laptop dan masuk ke save mode. setelah laptop nyala segera tekan tombol F8 berkali-kali sampai muncul pilihan save mode, dan enter.
Silahkan tunggu, jika sampai langkah ini ternyata laptop masih bisa masuk save mode maka kita perlu untuk melakukan pemanasan pada chipset VGA. Jika masuk save mode juga tidak bisa maka silahkan lanjutkan ke langkah ketiga
3. Lakukan install ulang operating systemnya, windows-nya. Jika terdapat kegagalan pada proses install ulang, dan jika laptop menggunakan 2 buah RAM maka coba untuk melepas salah satu, dan coba untuk menggunakan RAM secara bergantian untuk memastikan bahwa RAM memang tidak ada masalah, jika ternyata RAM aman maka kita perlu curiga ke hardisk. Jika kitapnya hardisk yang lain ada baiknya untuk di coba pake hardisk tersebut, jika ternyata memang haridk bermasalah maka kita perlu coba untuk sedikit repair hardisk, bungkar dab bersihkan bagian soket-soket pada hardisk termasuk konektor mainboard hardisk.
4. Jika install ulang berhsil berarti kesimpulannya adalah terjadi kerusakan pada beberapa komponen system (windows) mungkin terkena virus atau memang hardisk bad sector pada bagian yang terdapat komponen system-nya.
Semoga bermanfaat dan bisa memperbaiki laptop kamu yang restart sendiri sebelum masuk windows, kadang masalah ringan bisa menjadi berat karena kita tidak berani mencoba memperbaikinya sendiri, dan disinilah kita bisa bahas bareng-bareng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *