Layar Gelap Pada Laptop Tua

Diposting pada

Perbedaan pada laptop tua atau type agak lama dengan laptop baru salah satunya adalah pada kontrol back light layar. Pada laptop tua pengaturan lampu belakang layar di kontrol oleh sebuah unit yang dinamakan inverter, komponen ini diletakkan di bagian bawah layar LCD.
Inverter ini pada umunya paling tidak memiliki 3 jalur input, yaitu Vsource, ground dan Vcontrol. Vcontrol hanya mengeluarkan tegangan saat laptop ON, dan Vsource akan selalu mengeluarkan tegangan jika laptop mendapatkan sumber tegangan baik dari charger ataupun battery.
Nah yang kita akan bahas kali ini adalah salah satu penyebab laptop layarnya gelap, laptop masih bisa booting normal, bisa dilihat tampilannya di layar namun remang-remang ataupun bahkan hanya bisa dilihat jika kita sinari menggunakan lampu tambahan.
Penyebabnya adalah kerusakan pada inverter yang telah kita bahas diatas. Nah kerusakan inverter bisa saja diakibatkan karena Fuse-nya atau sekringnya putus.
Jadi pada jalur tegangan input tepatnya pada Vsource terdapat sebuah fuse atau sekring, cek sekring ini untuk memperbaikinya, dan ganti dengan yang normal, maka inverter akna bekerja kembali dan layar akan terang kembali. Untuk penyebab kerusakan inverter yang lain kita akan bahas next time insyAllah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *