Mencari Kapasitor Short Pada Laptop Mati Total

Diposting pada

Berbagai trik dilakukan oleh teknisi laptop, bermacam-macam, sesuai dengan selera dan kebiasaan teknisi tersebut. Ketika kita memiliki diagram skema dari laptop mati total yang sedang kita garap tentu menemukan kapasitor yang short tidaklah menjadi hal yang sulit, namun jika kita tidak memiliki skema, dan tidak ada kapasitor yang secara visual terlihat rusak, terbakar, pecah atau retak, maka menemukannya tentu menjadi hal yang agak sulit.Mencari Kapasitor Short Pada Laptop Mati Total

Sebetulnya tidak sulit, lebih tepatnya kita katakan njlimet karena sakingbanyaknya jumlah kapasitor pada sebuah motherboard laptop.

Nah, disini kita akan share tentang salah satu trik yang biasa kita lakukan untuk menemukan kapasitor yang short pada sebuah laptop mati total, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
1. Setelah laptop dibungkar dan mothebroard telah diangkat, dan telah diputuskan bahwa ada kapasitor yang short, maka siapkan multitester (AVO meter), spidol atau yang sejenis, heater blower atau solder, flux dan timah (tenol) serta pinset. Segera panaskan solder dna aktifkan heater blower.
2. Cek semua kapasitor yang kita curigai short ke ground, semuanya, menggunakan multitester dan kapasitor yang terdeteksi short tandai dengan spidol atau yang sejenis, pake stipo juga bisa.
3. Setelah dirasa sudah tidak ada lagi kapasitor yang terdeteksi short, solder probe hitam multitester pada titik yang short, pada bagian jalur positif.
4. Tancapkan probe merah pada jalur ground, sehingga multitester menunjukkan angka 0 ohm (short).
5. Lalu lepas kapasitor yang telah ditandai menggunakan heater blower atau solder. Lepas semuanya, satu persatu, jika saat dilepas multitester tetap menunjukkan nilai 0 ohm (short) maka pasang lagi kapasitornya mumpung masih panas, untuk menghindari tertukar dengan kapasitor yang lain. Ketika kita melepas kapasitor dan jarum multitester langsung bergerak, bergeser dari 0 ohm, maka kapasitor tersebutlah yang short, dan kita bisa langsung menggantinya, ketemu deh kapasitor yang short.

Trik tersebut tentu butuh waktu dan ketelatenan, namun santai saja, karena tidak terlalu mengasah otak, hanya butuh telaten. Bukankah teknisi laptop itu memang pasti telaten, kalo tidak telaten tentu saja tidak maun menjadi teknisi laptop, haha…

Semoga trik ini bermanfaat, namun berbagai trik yang lain bisa temen-temen lakuakan sesuai selera, yang jelas tujuannya sama-sama mencari dan menemukan kapasitor yang short pada sebuah motherboard laptop yang mati total.

4 thoughts on “Mencari Kapasitor Short Pada Laptop Mati Total

  1. itu lepas kapasitor jg tu. ada ga cara lsg ukur tanpa lepasin? kuliat teknisi tv, service papan TV, dia ukur2 kapasitor, lsg tau ya rusaknya, lsg ganti, lsg bagus.. tapi orgnya servicenya pelit ilmu..

  2. jangan samain sm TV mas. coba cek skema laptop, satu rell tegangan ada berapa kapasitor tuh yg dipasang paralel? kalo masangnya paralel mana bisa kita cek kapasitor tanpa dilepas? yg udah mahirpun bisanyanya ngira-ngira saja kapasitor di bagian tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *