Tentang Laptop Charging Namun Tetap 0%

Diposting pada

Salah satu penyebab sebuah laptop yang proses chargingnya bermasalah, ditandai dengan adanya tampilan “Charging” di desktop, namun hanya 0% dan tidak bertambah sedikitpun walaupun di ces dalam waktu lama, dan jika charger dilepas laptop juga langsung mati, adalah rusaknya baterai itu sendiri.

Di bahasan terdahulu kita telah menerangkan tentang gagalnya proses charging sebuah laptop yang disebabkan karena kerusakan pada ic charger, ic power atau mosfet, dan juga kerusakan pada charger itu sendiri. Kerusakan-kerusakan tersebut tentu saja mengakibatkan adanya masalah pada proses charging, namun dalam posting ini kita akan angkat isu tentang charging yang prosentasenya tidak bertambah. Bahwa proses charging terjadi, namun tidak menghasilkan energi yang bisa disimpan oleh baterai, dan atau baterainya sendiri memang tidak bisa menyimpan energi yang masuk dari charger.

Kalau kita memiliki baterai lain yang sejenis tentu saja hal ini tidak menjadi masalah, kita tinggal test pake baterai tersebut, jika ternyata bisa bekerja normal menggunakan baterai lain, maka tentu saja kita telah menemukan bahwa kerusakan ada pada baterainya, ganti baterai yang baru beres deh.

Baca juga :   Gunakan Laptop Tanpa Baterai, Amankah

Namun jika kita tidak memungkinkan untuk melakukan test menggunakan baterai lain maka kita bisa melakukan beberapa test berikut :
1. Bungkar kesing laptop
2. Angkat motherboard dari kesing agar kita bisa leluasa melakukan analisa
3. Pasang baterai
4. Siapkan avometer
5. Masukkan charger
6. Cek tegangan pada port kaki-kaki baterai, ujung ke ujung.

Tentang Laptop Charging Namun Tetap 0%

7. Jika terdapat tegangan pada kaki baterai, maka kesimpulannya adalah baterai rusak. Namun jika tegangan di bagian ini tidak ada maka perlu analisa lebih lanjut karena kemungkinan arus tidak sampai ke port baterai dan kemungkinan kerusakan bukan pada baterai.

Baca juga :   Jangan Asal Ganti Baterai Laptop Jika Tidak Ingin Menyesal

Ini adalah tentang laptop yang charging 0% dan tidak bisa bertambah nilai prosentasenya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *