Trik Jumper Inverter Laptop

Diposting pada

Inverter laptop adalah sebuah perangkat pada laptop yang bekerja sebagai penaik tegangan yang digunakan untuk menyalakan lampu layar LCD, tanpa inverter ini LCD laptop akan memunculkan gambar secara normal namun terlihat hanya remang-remang saja atau bahkan cenderung gelap, maka biasanya laptop yang gelap atau blank disebabkan karena kerusakan inverter ini.
Namun sekarang teknologi LED telah merubah system back light daripada layar laptop. Jadi yang kita bahas disini adalah tentang laptop jadul atau laptop dengan system back light jadul.
Nah bagaimana jika ternyata gelapnya tampilan LCD laptop tidak disebabkan karena rusaknya inverter? Nah ini dia yang kita akan share trik untuk memperbaikinya, tentu saja sebenarnya problem disebabkan karena masalah pada motherboard laptop, namun jika kita kesulitan untuk menemukan komponen yang rusak pada motherboard kita bisaikuti langkah-langkah berikut.

1. Cek terlebih dahulu semua tegangan pada bagian input inverter

Paling tidak secara umum pada bagian input inverter terdapat tiga level tegangan : Tegangan sumber, Tegangan Kontrol, Tegangan Pemicu. Lakukan cek pada semua tegangan tersebut. Tegangan sumber harus muncul saat laptop mendapatkan sumber energi baik dari charger ataupun battery atau dua-duanya, tegangannya sekitar 19V tergantung level tegangan laptop. Tegangan Pemicu dan kontrol, harus muncul saat laptop mulai memunculkan tampilan, dan jika salah satu-nya tidak muncul maka kita perlu melakukan trik ringan, langjutkan ke langkah kedua

Trik Jumper Inverter Laptop

2. Pastikan kabel fleksibel aman

Cek kabel fleksibel yang menghubungkan inverter ke motherboard untuk memastikan bahwa penyebab hilangnya tegangan kontrol atau pemicu bukan karena terputusnya kabel di jalan. Untuk melakukan cek ini kita bisa gunakan avo meter dengan langsung mengecek kabelnya, atau kita bisa cek saat laptop dinyalakan, jika di bagian motherboard juga tidak ada tegangan maka kabel normal.

3. Putus kabel tegangan yang hilang

Misalnya tegangan yang hilang adalah tegangan pemicu, maka kabel yang menghubungakan bagian ini ke motherboard harus dilepas, bisa diputus atau dilepas soket pada konektornya. Hal ini dimaksudkan agar tegangan pengganti nantinya tidak bertubrukan dengan jalur yang semula membawa tegangan pemicu atau tegangan kontrol inverter.

4. Cari pengganti tegangan yang hilang

sTegangan yang dibutuhkan adalah kira-kira 3V, berdasarkan pengalaman tegangan ini bisa kita ambil dari tegangan pemicu/kontrol, jadi secara acak tegangan yang dibutuhkan jalur kontrol dan pemicu adalah sama ( levelnya ). Jadi jika tegangan pemicu hilang maka jumper dengan tegangan kontrol demikian sebaliknya.

Setelah tegangan dijumper maka lakukan test, jangan terlalu lama, jika terdapat komponen yang terlalu panas di bagian motherboard maka segera matikan laptop, namun berdasarkan pengalaman hal ini ok-ok saja dan tidak mempengaruhi kinerja motherboard secara umum. Jika tidak berhasil meka kemungkinan inverter telah rusak juga, cek fuse yang ada di bagian inverter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *