Hati-hati saat Check IC Power

Diposting pada

Ketika kita sedang memeprbaiki kerusakan pada motherboard laptop atau netbook, kita pasti bertemu dengan ic power, sebuah komponen mosfet yang brefungsi sebagai switch dan proteksi. Nah saat check ic ini dan ketika ic power sedang dilepas hati-hati ketika menyalakan motherboard, karena pada beberapa jalur pengaturan tegangan ic ini juga berfungsi sebagai switch di jalur penurun level tegangan, dan ketika ic dilepas maka tegangan yang masuk ke jalur tersebut bisa sangat besar dibandingkan dengan tegangan yang seharusnya ada pada jalur tersebut.

ic power netbook

Seperti pada contoh ic power pada gambar diatas ( Aspire One D270 ), PQ41 yang dilepas bisa menyebabkan tegangan yang seharusnya +1.05V pada jalur ini menjadi sangat besar dan tentu saja akan merusak chipset, karena _1.05V langsung masuk ke chipset.
Jadi langkah aman untuk check ic power memang dilepas terlebih dahulu dan di check tanpa sumber tegangan, menggunakan multitester, dan segera dipasang kembali jika ternyata ic normal untuk pengecekan lebih lanjut agar tidak ada perubahan level tegangan pada jalur tertentu, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *