Memperbaiki Error E3 Printer Canon

Diposting pada

Pada printer canon jenis MP yang dilengkapi dengan scanner sehingga bisa melakukan copy, jika terjadi error E3 dimana pada display panel menunjukkan kode error E3 dan pada layar monitor komputer muncul pesan error semacam jumpind kertas, atau berarti dianggap terjadi masalah pada kertas, atau penarikan kertas, kita bisa menganalisa di area loader kertas.
Ada 3 bagian penting pada loader kertas atau penarik kertas
1. Rooler
2. Sensor kertas
3. Mekanik penggerak tray kertas

Baca juga :   Cara Reset Printer L120 Epson Dengan Mudah

Rooler saat terjadi proses printing akan memasukkan kertas kedalam printer dibantu oleh tray yang bergerak yang memungkinkan rooler untuk menekan kertas agar kertas bisa tertarik dan dilemparkan kedalam printer untuk diproses lebih lanjut. Kemudian sensor kertas memonitor pergerakan kertas untuk di oleh system agar proses printing berlanjut sampai sukses.
Nah Error E3 adalah kode dimana pada proses tersebut diatas terjadi kejanggalan. Pada umumnya disebabkan oleh 3 bagian penting tersebut diatas, namun yang paling sering terjadi adalah karena sensor kertas mati, sehingga untuk memperbaikinya kita perlu mengganti sensor dengan yang lain, namun ada juga yang disebabkan karena dudukan rooler tidak tepat pada posisinya seperti pada video dibawah ini.


Untuk memastikan penyebab dari error E3 tentu saja kita perlu sedikit melakukan analisa agar masalah teratasi tanpa menambahi masalah baru, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *