Memperbaiki Printer Epson Tanpa Komputer

Diposting pada

Bagaimana cara memperbaiki printer epson yang tintanya tidak mau keluar, atau sebagian warna tidak mau keluar, atau keluar tapi kurang sempurna tanpa menggunakan komputer atau laptop.

Masalah-masalah tersebut disebabkan karena kurang lancarnya penyemprotan tinta pada head katrid, maka tinta perlu di sedot di bagian head tersebut. Jika kita ingin memperbaikinya tanpa menggunakan komputer maka lakukan langkah berikut.
1. Nyalakan printer,
2. Perhatikan selang infus, lihat jika terdapat gelembung udara di bagian tengah selang
3. Tekan tombol resume, tekan dan tahan terus sampai katrid mulai bergerak, segera lepas tombol resume jika katrid sudah bergerak. Printer akan melakukan prepare untuk melakukan proses cleaning yang di dalamnya ada proses penyedotan tinta di bagian head. Setelah proses ini selesai silahkan printer untuk di test.
4. Jika printer tetap belum berhasil kita perlu untuk mengulanginya, paling banyak tiga kali, jika tetap belum berhasil, maka lepas karet penutup katrid, agar ada udara masuk ke katrid dan diamkan printer kira-kira setengah hari, jangan dipaksa, di tunggu saja akan lebih aman tidak beresiko merusak head.

2 thoughts on “Memperbaiki Printer Epson Tanpa Komputer

  1. Printer sya epson l120.. sudh dbongkar. Headnya drendam pke pmbersih.. lalu headnya terbuka.. ap masih bisa diperbaiki, di lem…???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *