Satellite L505 USB Tidak Bisa Sound Tidak Bisa

Diposting pada

Toshiba satellite L505, laptop jumbo 17″ ini memang bandel, keyboardnya sangat enak, performance juga lumayan, jenis yang kita akan bahas disini adalah AMD, dengan kerusakan sound tidak bisa nyala, system tidak bisa mendeteksi adanya device sound atau audio, jadi dianggap tidak ada device sound-nya, kemudian USB port juga tidak ada yang berfungsi, namun laptop bisa bekerja normal.

Satellite L505 USB Tidak Bisa Sound Tidak Bisa

Pada device manager terdapat tanda pentung pada salah satu bagian System devices, yaitu HD Audio. Nah salah satu penyebab dari masalah ini adalah rusaknya salah satu Induktor yang menjadi jembatan sumber power audio dan USB port, induktor ini adalah L4519, seperti terlihat di gambar dibawah ini. Dan ternyata temen-temen lain juga ada yang mengalami hal yang serupa dan penyebabnya juga L4519, untuk memastikan silahkan cek menggunakan multitester apakah L4519 ini masih normal atau tidak, check juga tegangannya.

Satellite L505 USB Tidak Bisa Sound Tidak Bisa

Ini adalah berdasarkan pengalaman, namun bisa saja penyebab sound trouble adalah karena kerusakan IC sound atau hilangnya pemicu tegangan yang masuk ke ic sound.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *