Komputer Tidak Nyala Sama Sekali Apa Yang Harus Di cek

Diposting pada

Ketika kita menemukan sebuah komputer yang tidak bisa menyala sama sekali, saat tombol power ditekan tidak ada respon, tidak ada indikator yang menyala dan kipas juga tidak ada yang aktif maka ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk menemukan sumber permasalahannya.
Secara spontan biasanya pandangan kita langsung terarah pada kerusakan power supply yang memang menjadi satu-satunya penyuplay energi dari sebuah komputer. Namun masalah bisa saja disebabkan karena kerusakan chipset di motherboard.
Pada posting ini kita akan analisa sebuah komputer yang tidak bisa dinyalakan sama sekali karena kerusakan power supply.
1. Kita harus memastikan bahwa memang benar-benar PS yang rusak, sebelum melakukan penggantian. Buka kesing CPU
2. Lepaskan semua soket power supply yang menancap ke motherboard, HDD, DVD dan device yang lain.
3. Pada soket Power supply yang paling besar, yang menancap ke motherboard, cari kabel warna hijau. Sambungkan kabel hijau ini  ke kabel hitam, kita bisa menggunakan kabel atau tenol.
4. Tancapkan kabel power ke sumber listrik.
5. Jika kipas power supply berputar berarti power supply masih ada kemungkinan normal, namun jika kipas tidak berputar maka bisa dipastikan power supply rusak. Kita bisa langsung mengganti dengan power supply yang baru.
6. Jika kita ingin melakukan perbaikan terhadap power supply tersebut silahkan buka cover power supply.
7. Cek Fuse atau sekring ( seperti tabung kaca bulat ) pada bagian mainboard power supply, Cek secara visual atau menggunakan multitester, jika putus ganti dengan yang lain, atau sambung menggunakan sehelai kabel serabut kecil. Cek semua dioda, terutama dioda jembatan wheatstone, jika short maka jelas dioda-nya rusak, ganti dengan yang baru.
8. Jika fuse dan dioda tidak ada yang rusak maka kemungkinan ic-ic FET yang bermasalah, mendingan langsung diganti dengan power supply lain yang normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *