Laptop Tidak Bisa Booting Sebelum Keyboard Ditekan

Diposting pada

Salah satu masalah aneh pada laptop adalah menyala setelah tombol power ditekan, namun tampilan di layar monitor berhenti di tampilan awal laptop dan diam saja tanpa ada reaksi lanjutan seperti menunggu sesuatu yang tak datang-datang, dan setelah salah satu tombol pada keyboard ditekan maka laptop-pun melanjutkan aktifitasnya untuk melakukan booting, dan setelah masuk windows-pun tidak ada tanda-tanda bahwa laptop sedang bermasalah. Nah masalah ini bisa saja menjadi indikasi bahwa terdapat masalah pada keyboard.
Sebagaimana kita tahu bahwa inside of the laptop keyboard, dibagian dalam sebuah keyboard laptop terdapat banyak sekali jalur-jalur yang saling berseberangan satu sama lain, bahkan pada kondisi tertentu bisa saja jalur yang berseberangan tersebut mengakibatkan adanya konduksi yang tentu saja tidak diinginkan. Konduksi antar jalur ini mengakibatkan beberapa tombol pada laptop tidak bekerja sebagaimana mestinya, misalnya saat kita tekan tombol 1 maka yang muncul angka 1 dan 2, tekan satu tombol muncul dua tombol pada monitor, atau tombol-tombol banyak yang bekerja acak dan nyantol disana-sini.
Kemudian kembali pada masalah awal, dimana laptop bisa memulai proses booting hanya setelah salah satu tombol pada keybaord ditekan, baik secara beraturan atau acak, maka penyebabnya juga munculnya nilai resistansi antara jalur-jalur tertentu terhadap jalur yang lainnya yang seharusnya antara jalur tersebut nilai resistansinya hampir tidak terhingga, atau tidak terhubung sama sekali, namun nilai resistansinya tidak terlalu kecil sehingga tidak menyebabkan beberapa tombol nyantol, namun bisa mengganggu proses dimualinya booting.
Bagaimana solusi dari masalah ini?
Maka kita pun perlu untuk melakukan pembungkaran keybaord dengan hati-hati. Yang perlu dilakukan hanyalah pembungkaran dan pemasangan ulang tentu saja.Setelah kita bungkar, termasuk semua lapisan mika di dalam keyboard, kita bisa mengoleskan bedak lembut agar tidak terjadi lagi adanya resistansi yang terlalu kecil antar jalur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *