Action Darurat Pada Motherboard PC Mati Total

Diposting pada

Kalo komputer sudah tidak bisa dinyalakan, tombol power tidak bisa berfungsi walopun di jumper langsung di bagian port yang di motherboard, di clear baterai cmosnya juga sudah tidak ngefek, apa yang harus kita lakukan? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Tujuan langkah ini adalah untuk kondisi urgent atau darurat misalnya mendadak butuh ngambil data yang di hardisk dan tidak ada komputer atau laptop lain, juga perangkat portable tidak tersedia.
1. Perhatikan soket power supply yang menancap di bagian motherboard.

Action Darurat Pada Motherboard PC Mati Total

2. Perhatikan gambar soket power supply diatas, lakukan jumper pada kabel hijau dan salah satu kabel hitam
3. Setelah dijumper, bisa menggunakan kabel atau pinset, masukkan sumber power listrik. Maka komputer akan langsung menyala, jika tidak bisa menyala maka kemungkinan power supply telah rusak, ganti dengan yang normal. Jika menyala namun blank maka kerusakan ada pada bagian lain misalnya RAM atau VGA unit.
Dengan pertolongan pertama tersebut diharapkan komputer bisa menyala dan kita bisa segera ambil file yang penting dari dalam hardisk untuk diolah lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan, motherboard mati total ini bisa saja diakibatkan karena chipset i/o bermasalah, atau terdapat transistor kecil sebagai unit switch di bagian motherboard telah rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *