Memperbaiki Error P08 Pada MP258

Diposting pada

Pesan error P08 pada printer canon MP258 menunjukkan gejala tidak normal pada katrid, biasanya katrid warna, bagaimana cara memperbaikinya? Yuk kita bahas berdasarkan pengalaman beberapa waktu lalu.
Sebelumnya kita petakkan terlebih dahulu masalah yang sedang kita hadapi.
Jenis printernya adalah Canon MP257, saat dinyalakan printer aman-aman saja, menunjukkan angka 1 pada panel kontrol ( display ), error baru muncul setelah printer digunakan untuk printing atau copy, ketika proses printing akan dilakukan maka printer macet dan muncul pesan error P08 pada display panel.
P08 ini maksudnya adalah head terlalu panas, atau bisa disimpulkan bahwa head katrid sedang dalam kondisi kering. Jadi ada 2 kesimpulan : 1. Tinta habis sehingga tidak ada tinta pada head 2. Tinta masih ada namun tidak bisa turun ke head karena ada sumbatan.
Untuk menganalisa silahkan check satu persatu pada katrid, yang pertama katrid hitam, pastikan isi tintanya masih ada dan saat di cek menggunakan tissue terliha bahwa tinta bisa turun ke bagian head. Kemudian check katrid warna, biasanya katrid warna inilah sumber masalahnya, isi tinta sesuai dengan warnanya kemudian usahakan agar tinta turun ke bagian head sebelum dipasang pada printer.
Untuk menurunkan tinta ke bagian head kita bisa menggunakan tissue, menyedot dengan suntik, bagian headnya diremdam pada air panas bening, membiarkan katrid diam setelah diisi tinta, atau dengan cara-cara lain sesuai dengan kesukaan.
Setelah kedua katrid yakin telah terisi tinta dan tinta juga sudah turun ke bagian head maka printer siap untuk di test kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *