Penggantian cell baterai Laptop

Diposting pada

Bagaimana cara mengganti cell baterai yang drop? Pertanyaan ini sering muncul saat para teknisi menemukan baterai laptop yang nge-drop. Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu penyebab baterai laptop drop.
1. Terproteksi system board baterai. Salah satu penyebab kinerja baterai laptop tidak sempurna adalah karena proteksi yang ada di system board baterai (osilator). System proteksi ini memungkinkan untuk memonitor secara meyeluruh terhadap log kerja sebuah baterai, berapa kali di charging dan berapa kali di discharging, berapa sisa muatan yang tersimpan, proses charging yang tidak sempurna, down sampai menyebabkan laptop mati sendiri, semua termonitor. Nah menurut kata dunia dengan proteksi ini lama-kelamaan sebuah baterai akan menyusut secara otomatis ketahanannya dalam menyimpan muatan sehingga tidak sekuat pas waktu baru dahulu, dengan tujuan tentu saja agar baterai yang lain akan terjual.
Nah kita sebagai teknisi harus mengetahui system proteksi ini sebagai patokan untuk menentukan bagaimana status baterai sebuah laptop, masih bagus atau sudah tidak bagus. System ini juga bisa melakukan bunuh diri terhadap baterai yang menyebabkan baterai mati total.
Bunuh diri yang dilakukan oleh system proteksi baterai biasanya terjadi pada baterai yang sengaja dilepas dalam waktu yang agak lama, tidak digunakan sama sekali sedangkan sebelumnya sudah pernah digunakan.
2. Terdapat Cell yang rusak. Misalnya terdapat 6 cell pada sebuah baterai laptop, maka jika salah satu saja cell rusak maka akan sangat besar pengaruhnya terhadap ketahanan baterai dalam menyimpan muatan.
3. Baterai rusak karena terdapat komponen yang rusak pada bagian osilator atau mainboard baterai.

Jika sebuah baterai laptop tidak bekerja maksimal karena penyebab pertama, maka kita tidak bisa banyak berbuat karena menjebol system proteksi ini sangat sulit, dan tentu saja bisa namun dengan biaya yang mahal, mendingan beli baru. Namun jika penyebabnya yang kedua kita bisa membuka baterai dengan hati-hati untuk bisa mengakses setiap cell baterai untuk melakukan penggantian, hati-hati karena konslet bisa menyebabkan baterai tidak bisa digunakan lagi.
Kemudian jika baterai rusak karena komponen yang ada di bagian mainboard atau logic control maka kita bisa melakukan penggantian komponen yang memang ditemukan rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *