Aspire One D270 Mati Total

Diposting pada

Bagaimana cara memperbaiki netbook Aspire One D270 yang mati total? Kita akan share pengalaman real tentang cara memperbaikinya mulai dari analisa sampai berhasil.
Aspire One D270 atau dikenal juga dengan AOD270 series, sebuah laptop jenis netbook dari Acer jika mati total ternyata “mudah diperbaiki”, sebagaimana yang telah kita temui, AOD270 yang satu ini benar-benar mati total dimana saat charger di masukkan maka lampu indikator pada charger langsung mati, dan tidak ada satupun lampu indikator pada netbook yang menyala, demikian juga saat tombol power ditekan tidak respon sama sekali.
1. Lampu indikator charger mati.
Ini menandakan adanya respon proteksi oleh system proteksi charger, dimana arus yang masuk ke laptop ( Output ) dengan cepat diputus, sehingga tidak ada lagi tegangan yang masuk ke laptop.
Tujuan system proteksi model seperti ini tentu saja demi menjaga agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah diakibatkan oleh trouble pada circuit yang power utama.
2. Indikator pada netbook mati
Ini menandakan tidak adanya arus atau tegangan yang masuk ke netbook, sehingga indikator chargingpun tidak bisa menyala. Hal ini bisa terjadi karena adanya short circuit pada jalur power utama, sehingga arus terputus secara otomatis oleh system.

Langkah-langkah yang sudah kita lakukan adalah sebagai berikut.
1. Check jalur power utama
Pengecekan dilakukan untuk memastikan bahwa jalur tidak terhubung singkat ke jalur ground. Hasilnya adalah jalur utama ( pada jek konektor charger ) di motherboard netbook tidak terhubung singkat.
2. Check bagian out mosfet utama.
Mosfet utama adalah mosfet yang terhubung secara langsung dengan jalur utama. Mosfet ini menjadi switch pengaman utama pada jalur power yang akan di distribusikan ke seluruh bagian pada motherboard netbook. Ternyata jalur out mosfet ini terhubung singkat ke jalur ground, dan inilah kiranya penyebab mengapa indikator lapu pada charger langusng mati saat charger dimasukkan ke netbook. Mosfet ini langsung ON saat netbook mendapatkan sumber power dari charger.
3. Telusuri jalur yang terhubung singkat ke groung.
Prediksi pertama dari kasus ini adalah kerusakan sebuah kapasitor pada jalur out mosfet utama yang pada skema netbook disebut Vin. Cara menelusuri jalur ini menggunakan skema adalah dengan melakukan cek seluruh jalur dengan kode Vin yang ada kapasitornya. Perlu diketahui bahwa kapasitor yang rusak pada kasus seperti ini tidak tentu, kadang kapasitor besar kadang kecil, kadang yang di bagian penurun tegangan ke 5V kadang juga ke 3,3V dan seterusnya, untuk menemukannya kita memang harus telaten men-cek satu persatu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *