IC ON OFF Laptop Advan

Diposting pada

Pada laptop Advan terdapat sebuah IC kontrol yang berfungsi menerima signal tombol power secara langsung untuk kemudian diterjemahkan dan di kirim ke chipset i/o untuk diolah lebih lanjut. Laptop tidak bisa ON tanpa IC ini atau jika IC bermasalah.
Sebagaimana kita tahu bahwa ketika kita menekan tombol ON/Off pada laptop berarti kita menghubungkan jalur positif terhadap jalur ground, dengan bantuan resistor signal ini diterjemahkan sebagai penurunan nilai tegangan yang bisa digunakan untuk memicu IC power agar bisa menimbulkan gelombang tertentu dan diterjemahkan sebagai sebuah signal tertentu yang menyebabkan system power menyalurkan arus ke semua bagian di motherboard laptop agar aktif ( ON ), nah IC kontrol ini menerima secara langsung signal dari tombol power tersebut dan outputnya yang terhubung secara langsung melalui beberapa resistor ke Chipset i/o bisa memicu laptop untuk ON.
Kode IC ini adalah P2808,

IC ON OFF Laptop Advan

Jika laptop mati total kita perlu juga curiga terhadap ic ini, cara cek-nya adalah sebagai berikut
1. Kaki nomor 3 menerima signal langsung dari tombol power, sehingga jika tombol power di tekan maka terdapat perubahan nilai resistansi pada kaki ini terhadap ground, jika tidak maka ada masalah pada jalur tombol power
2. Kaki nomor 6 adalah output yang terhubung ke chipset i/o, ketika kita menekan tombol power maka ada penurunan nilai tegangan pada jalur ini, jika tidak ada perubahan bisa saja ic rusak.

Sangat mudah untuk mendeteksi kondisi c ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *