T13 Tidak Bisa Narik Kertas

Diposting pada

Kerusakan ini sering terjadi pada printer Epson T13, dimana sering terjadi selip pada saat printer harus menarik kertas, kadang kertas tidak bisa masuk, kadang masuk lebih dari 1 lembar, sehingga menyebabkan printer blinking dan printing gagal proses.
Masalah ini disebabkan karena sudah longgarnya rumah as roda loader ( penarik kertas )

T13 Tidak Bisa Narik Kertas

Loader atau penarik kertas jika dilepas adalah seperti gambar diatas, kita bisa melepasnya dengan mudah.
Nah jika printer T13 kadang sering selip saat menarik kertas maka perangkat inilah yang perlu kita curigai, silahkan bandingkan loader yang normal dan yang sudah longgar as-nya dibawah ini.

loader kertas T13 normal

Pada loader normal, posisi as tepat ditengah, hampir tidak bisa di “oklak-oklak”, kemudian pada loader yang sudah “lower” atau longgar as-nya posisi as sudah tidak lagi di tengah dan mudah di “oklak-oklak”, lihat foto dibawah ini.

loader kertas T13 sudah longgar

Posisi yang sudah tidak lagi ditengan mengindikasikan bahwa rumah as sudah tidak benar-benar bulat lagi karena terkena gesekan as dan menyebabkan roda karet loader kurang kuat dalam menekan kertas untuk dimasukkan ke dalam ruang printer.
Untuk memperbaiki tentu saja dengan mengganti unit loader tersebut atau dengan melakukan trik agar posisi as kembali tepat di tengah-tengah sehingga loadet T13 ini bisa bekerja kembali sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *