Cara Service Aspire 4736Z Gagal Booting Dan Mati Mendadak

Diposting pada

Cara memperbaiki Laptop Acer Aspire 4736Z yang gagal booting, bluescreen, mati mendadak saat booting atau saat digunakan bermacam-macam tergantung penyebab utama kerusakannya, pada kesempatan ini kita akan share salah satu cara memperbaikinya. Cara ini bisa menjadi alternatif buat temen-temen yang belum menemukan cara untuk memperbaikinya.

Secara umum penyebab mati mendadak tersebut adalah karena tegangan down, disebabkan karena kondisi beban yang tidak stabil atau muncul nilai resistansi yang levelnya melebihi standart. Bisa di cek pada titik-titik tegangan 3V atau 5V, saat laptop dinyalakan biasanya tegangan pada titik ini tidak stabil, ditunjukkan dengan bergoyangnya jarum pada multi tester yang digunakan untuk mengukur tegangan pada titik tersebut.

Bergoyangnya jarum multitester tersebut menunjukkan adanya perubahan nilai resistansi beban yang muncul setelah beban bekerja ( mendapatkan sumber tegangan ).

Salah satu komponen yang nilainya bisa berubah saat mendapatkan tegangan adalah kapasitor yang sudah mulai rusak. Kapasitor yang normal memiliki nilai resistansi tidak terhingga atau tidak ada resistansinya, namun kapasitor yang rusak nilai resistansinya bisa 0 ohm atau short atau konslet, ini tentu saja menyebabkan jalur pada kapasitor tersebut terganggu, pada laptop akan mengaktifkan system proteksi yang menyebabkan laptop mati atau sama sekali tidak bisa menyala jika kapasitor ada pada jalur power utama.

Kita akan berikan contoh pada laptop aspire 4736Z yang mati mendadak saat digunakan dan kadang-kadang tidak berhasil booting, namun akan booting normal jika masuk ke save mode, untuk mendapatkan skema dari motherboard 4736z kamu bisa gunakan type motherboardnya sebagai kata kunci di google.

type motherboard 4736z

Jika hasil analisa sebagai berikut :
1. Tegangan 3V dan 5V atau salahsatunya bergoyang
2. Semua kapasitor tidak ada yang short circuit
3. Bisa booting normal ke save mode
4. Kadang-kadang mati sendiri saat digunakan
5. Charger normal
6. Tidak ada komponen yang overheat ( terlalu panas )

Maka silahkan perhatikan komponen kapasitor yang terletak di bawah prosesor

kapasitor yang rusak 4736z

Kapasitor dengan kode C55 pada motherboard aspire 4736z seperti terlihat pada gambar diatas, mengalami kerusakan dimana kerusakannya adalah tidak stabil saat mendapatkan tegangan sehingga menyebabkan prosesor tidak bisa bekerja maksimal.

Silahkan mengganti kapasitor tersebut dengan yang baru dan normal, atau jika kesulitan bisa diganti dengan setidak-tidaknya 4 buah kapasitor tantalum 330,

kapasitor pengganti 4736z

Teganganpun akan stabil dan prosesor bisa bekerja normal kembali, sehingga laptop aspire 4736z yang mati mendadak atau tidak berhasil booting akan kembali normal seperti sedia kala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *