Hardisk Lemot Apa Bisa Diperbaiki

Diposting pada

Hardisk Lemot Apa Bisa Diperbaiki ? Pertanyaan ini sering muncul di dunia perkomputer-an, tentu saja jawabannya adalah tergantung.
Hardisk tertentu bila sudah mulai sangat lemot memang tidak bisa diperbaiki, beberapa hardisk yang lain masih bisa namun tidak awet suatu saat pasti kambuh lagi, namun ada juga hardisk yang benar-benar bisa diperbaiki ( jika belum terlalu parah )
Misalnya hardisk Fujitsu yang sedang saya gunakan ini. Sudah laam sekali tidak digunakan karena memang tidak bisa dimasuki windows dan jika digunakan sebagai hardisk external lemotnya minta ampun bahkan suka error jika membuka file pada sector tertentu. Dulu pernah diperbaiki dengan melakukan check terhadap disk yang bad, ketemu badnya dan berhasil juga di repair sebagian sector, namun hasilnya tetap tidak bisa dimasuki OS.
Kemudian bagian yang bad sector kita buang ( tidak digunakan ) juga kurang maksimal hasilnya, bisa digunakan nyimpen data saja namun juga lambat sekali mbaca file yang ada didalamnya.
Beberapa waktu yang lalu kita coba lagi untuk memperbaiki hardisk Fujitsu tersebut, kita bungkar mainboardnya terlihat disana terdapat sebuah IC control ayng besar dan kaki-kakinya ada dibawah seperti chipset VGA laptop, dengan anggapan mungkin terdapat kaki-kaki yang solderannya sudah usang kurang rapat maka kita coba untuk melakukan pemanasan ulang terhadap IC tersebut menggunakan heater blower dengan suhu kisaran 400 derajat selama kurang lebih 1 menit dengan jarak kira-kira 10 CM.
Setelah di blower kita tunggu agar mainboard agak dingin kemudian kita pasang kembali ke tempat asalnya dan kita test hardisk tetap terdeteksi sebagaimana semula, dan kita coba check instal operating system, kalau tidak salah waktu itu kita coba install Windows XP, dan hasilnya ternyata sukses.
Akhirnya sekarang kita isi dengan Windows 8 64 bit dan sampai sekarang masih kita gunakan pada laptop yang saya pale ini juga.
Jadi masalah hardisk lemot bisa juga disebabkan karena terdapat komponen yang instalasinya sudah kurang bagus lagi sehingga menyebabkan kinerjanya tidak maksimal seperti pada contoh diatas.
Pada waktu yang lain kita juga pernah coba perbaiki hardisk laptop yang tidak bisa dimasuki Windows, merk hardisknya lupa namun model konektor di mainboard yang menghubungkan mainboard dengan bagian dalam disk menggunakan konektor tumpangan, nah kasusnya adalah konektor tersebut warnanya sudah mulai menguning dan mengganggu konektifitas mainboard dengan bagian dalam disk.
Dengan membersihkan konektor tersebut menggunakan penghapus pensil 2B hardiskpun bisa digunakan lagi se-normal sebelumnya, kita dokumentasikan pada video dibawah ini

Namun pada hardisk tertentu yang memang kerusakannya di bagian disk atau headnya tentu saja terlalu sulit untuk diperbaiki, kita butuk alat dan tempat yang mumpuni uantuk memperbaikinya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *