Printer MP287 Error P02

Diposting pada

Untuk memperbaiki error P02 pada printer canon jenis MP287, MP258 dan yang sejenis kita perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut :
1. Cek jalur pergerakan katrid atau rell katrid.
Kotoran bisa berupa kertas atau yang lain, jika mengganggu pergerakan katrid ke kanan dan ke kiri bisa mengakibatkan error P02. Cek di bagian unit cleaner juga apabila terdapat sobekan kertas yang nyangkut disana.
2. Cek bagian tray kertas.
Jika langkah pertama sudah clear dan belum membuahkan hasil, atau bahkan ternyata tidak ada kotoran sama sekali disana maka lanjutkan untuk cek bagian tray kertas, yaitu bagian masuknya kertas. Untuk melakukan langkah ini kita bisa saja perlu untuk membuka kesing printer bagian atas jika diperlukan. Untuk memastikan ada tidaknya kotoran di bagian tray kita bisa tes memasukkan kertas, caranya letakkan kertas di begian tray, kemudian putar roda dibagian kiri printer ( perlu memnuka kesing kiri printer ), putar menggunakan tangan seperti saat menarik kertas ketika printing sedang berlangusng. pada saat memutar roda tersebut tekan tonjolan yang ada di bagian belakang katrid disebelah kanan ( diatas unit cleaner ) agar kertas bisa tertarik masuk. Jika kertas berhasil masuk dengan lancar kemungkinan tidak ada kotoran apapun yang mengganggu di bagian tray, namun jika kertas masuk miring atau tidak bisa masuk maka kemungkinan besar terdapat kotoran yang mengganggu masuknya kertas dan menyebabkan error P02.
3. Motor rusak.
Jika langkah 2 belum membuahkan hasil juga maka perhatikan pergerakan katrid ke kanan dan ke kiri saat baru saja printer dinyalakan, jika pergerakannya tersendat-sendat kecil ( tet tet tet tet tet… ) alias tidak mulus, maka motor servo yang terletak dibagian kiri printer sedang dalam masalah, solusinya ganti motor tersebut dengan yang normal, bisa diambil dari printer canon jenis lain.

Printer MP287 Error P02

Kondisi ini biasanya final, jika semua kemungkinan sudah di cek maka mengganti motor servo adalah langkah final dan insyaAllah error P02 akan lenyap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *