Proyektor Alarm Merah Nyala

Diposting pada

Beberapa orang memprediksi bahwa jika alarm lampu pada proyektor menyala maka rusaklah lampunya, atau counter nyala lampu sudah full, benar memang, namun pada beberapa kondisi pernyataan ini tidak benar.
Ada beberapa unit yang harus kita perhatikan dalam hubungannya dengan lampu pada sebuah proyektor : Source, Balast, Lampu.
Ketiga unit tersebut harus bekerja semuanya, jika tidak alarm menyala dan proyektor tidak bisa bekerja. Untuk menganalisa sebuah proyektor, benQ misalnya, yang tidak mau menyala dan alarm merah menyala kita bisa test dengan mengganti lampunya menggunakan lampu lain yang masih normal, jika penggantian lampu tidak berhasil, tetap alarm, maka 2 unit yang lain dari ketiga unit diatas perlu kita curigai.
1. Source
Source atau sumber tegangan muncul dari board power supply, kita bisa melakukan check pada saat proyektor dinyalakan pada titik soket input balast, yaitu soket yang menghubungkan power supply dengan balast, jika tegangan di soket muncul maka source aman.
2. Balast
Balast adalah unit yang berfungsi menaikkan tegangan ( terkontrol dan termonitor ) dari tegangan sumber menuju tegangan rating lampu. Pada unit balast terdapat banyak komponen kecil-kecil yang berfungsi sebagai kontrol terhadap kinerja balast itu sendiri. Terdapat juga unit inverter atau PS switching yang bekerja sebagai penaik tegangan. Jika tegangan pada input balast normal namun outnya tidak ada dan lampu tidak menyala maka bisa dipastikan bahwa balast sudah rusak.

Proyektor Alarm Merah Nyala

Jika kita telah berhasil mengidentifikasi sumber kerusakan, maka kita bisa langsung melakukan action untuk perbaikan.
Kali ini yang kita bahas adalah kerusakan pada balast. Umumnya kerusakan diakibatkan oleh deoda baik biasa maupun deoda zener, kita bisa cek satu-persatu. Namun bisa saja kerusakan disebabkan karena komponen lain pada unit balast. Jadi proyektor yang alarmnya menyala belum tentu disebabkan karena kerusakan lampu, karena bisa saja disebabkan karena kerusakan unit balast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *