Tutup Lubang Bekas Isi Tinta Katrid

Diposting pada

Jangan lupa menutup kembali lubang pada katrid yang kita gunakan untuk isi ulang tinta, ini akan berpengaruh pada ketahanan head yang berfungsi menyemprotkan tinta pada media ( kertas ) saat terjadi proses printing. Jika lubang udara pada katrid terlalu besar maka volume tinta yang masuk ke ruang head akan semakin besar sehingga jika saat terjadi printing terdapat tinta yang berlebih pada ruang head bisa menyebabkan filamen pada head tidak bisa bekerja maksimal, dan pada saat tertentu proses penyemprotan tidak berhasil dan bahkan bisa saja menyebabkan filamen terputus  dan hasil printing pun bergaris-garis, kerusakan jenis ini tidak mungkin untuk diperbaiki.
Lubang standart pada sebuah katrid sangatlah kecil, itupun jalurnya masih dibelok-belokkan untuk mengurangi tekanan berlebih terhadap tinta yang ada di dalam katrid, lihat gambar dibawah. Jadi setelah kita melakukan isi ulang terhadap katrid kembalikan seperti kondisi semula, agar hanya lubang standartnya saja sebagai ventilasinya.

Lubang udara katrid dibelok-belokkan

Dengan menutup kembali lubang yang telah dibesarkan guna untuk proses isi ulang tinta maka langkah ini bisa menambah umur katrid, tidak mudah rusak filamen pada headnya yang menyebabkan hasil print bergaris-garis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *