Cara Memperbaiki Hardisk Samsung Lemot Gagal Booting

Diposting pada

Jika laptop berjalan sangat lambat atau lemot maka salah satu penyebabnya adalah kerusakan pada hardisk, dan kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki hardisk samsung yang rusak sehingga tidak bisa loading Windows, atau bisa namun lemot sekali.

Cara Memperbaiki Hardisk Samsung Lemot Gaga Booting

Seperti pada foto diatas, hardisk yang akan kita perbaiki adalah Samsung 320GB dengan soket SATA untuk laptop. Cara memperbaikinya adalah sebagai berikut.
1. Buka kesing belakang laptop untuk mengambil hardisk.
2. Angkat hardisk pelan-pelan, buka baut atau penguncinya sesuai dengan type laptop.
3. Setelah ahrdisk dikeluarkan, kita harus melepas mainboard hardisk tersebut. Lepas semua baut yang menjadi pengunci mainboard hardisk. Action ini pasti merusak segel hardisk, jadi pastikan terlebih dahulu bahwa garansi sudah habis, jika masih ada garansi tentu saja lebih baik dibawa ke tempat membeli hardisk tersebut untuk mendapatkan layana garansi.
4. Angkat mainboard hardisk, dan perhatikan konektor yang menghubungkan mainboard dengan bagian dalam hardisk ( ruang disk ), lihat foto berikut.

Cara Memperbaiki Hardisk Samsung Lemot Gaga Booting

Seperti terlihat pada foto diatas, konector terlihat usang seperti bekas kepanasan,
5. Bersihkan konektor yang usang tersebut menggunakan penghapus pensil sampai benar2 mengkilap, seperti pada foto dibawah.

Cara Memperbaiki Hardisk Samsung Lemot Gaga Booting

Setelah konektor pada mainboard tersebut bersih dan mengkilap maka rakit kembali mainboard pada hardisk.
6. Pasang kembali hardisk pada laptop, jika diperlukan install ulang OS-nya agar hardisk bekerja dengan normal.

Baca juga :   Tidak Bisa Booting Belum Tentu Hardisk Rusak

Dengan membersihkan konektor yang menghubungkan mainbaord dengan ruang dalam hardisk maka hardisk samsung 320GB bisa kembali bekerja dengan normal, namun jika tetap tidak berhasil maka kemungkinan kerusakan terjadi pada disk yang ada di dalam hard drive.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *