Printer T13 Kelip-kelip Blinking

Diposting pada

Berbagai cara bisa dilakukan untuk memperbaiki printer Epson T13 yang kelip-kelip atau lebih populer dengan blinking, dimana lampu warna merah berkedip terus menerus. Blinking ini adalah sebuah indikator yang menunjukkan bahwa pada printer tersebut terdapat masalah yang menyebabkan tidak bisa melakukan proses printing dengan normal, penyebabnya-pun bisa bermacam-macam, misalnya katrid tidak terdeteksi dengan baik, home cartridge error, atau ada benda yang menghalangi pergerakan katrid, power source tidak normal atau masalah-masalah yang lain.
Jika kamu sudha melakukan steps berikut :

Baca juga :   Cara Membuka Printer L110 L210

1. Pin katrid sudah dibersihkan
2. Selang infus sudah dalam posisi aman
3. Tombol reset pada katrid ( infus ) sudah di tekan berkali-kali
4. Reset software sudah dilakukan
5. Home cartridge sudah dibersihkan dari luberan tinta
6. Sensor decoder dan encoder sudah bersih, dan tidak ada masalah

Namun steps diatas belum memubahkan hasil dan printer T13 anda tetap kelip-kelip atau blinking, maka anda harus melakukan langkah-langkah dibawah ini :
1. Bongkar kesing printer untuk mengakses mainboard atau logic board.
2. Angkat mainboardnya untuk analisa biar lebih mudah.
3. Cari komponen dengan kode ” F… “. Ini adalah Fuse atau sekring yang tentu saja berfungsi sebagai proteksi arus lebih, biasanya yang rusak adalah yang berdekatan dengan soket menuju katrid.
4. Check menggunakan AVO meter, biasanya fuse ini putus sehingga menyebabkan katrid tidak terdeteksi dengan baik. Perlu diingat bahwa terdapat 2 buah fuse, check satu persatu.
5. Fuse yang rusak harus diganti dengan yang normal, atau jika tidak bisa mendapatkan penggantinya kamu bisa menjumpernya menggunakan kabel, usahakan yang sekecil mungkin sehingga jika terjadi trouble kabel bisa terputus dan komponen lain aman.

Printer T13 Kelip-kelip Blingking

Dengan mengganti Fuse yang rusak tersebut maka printer T13 yang kelip-kelip saja dan macet di sebelah kiri insyaAllah bisa kembali bekerja normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *