IP2770 Mati Total Karena IC Rusak

Diposting pada

IP2770 yangatau sekring juga mati total bisa saja disebabkan karena banyak hal, misalnya fuse putus, adaptornya rusak atau bahkan IC yang jebol.
Seperti yang akan kita share kali ini adalah IP2770 yang mati total, tidak bisa dinyalakan sama sekali namun tidak disebabkan karena kerusakan adaptor, fuse atau sekring juga tidak ada masalah. Penyebabnya adalah patahnya atau rusaknya salah satu kaki dari IC kontrol pada logic board.

IP2770 Mati Total Karena IC Rusak

Kerusakan kaki IC tersebut disebabkan oleh tinta yang tercecer di banyak bagian pada logic board sehingga menyebabkan hubung singkat dan kaki IC mengalami patah karena terbakar, sebagaimana sekring yang tidak kuat menahan arus yang akhirnya putus.
Untuk memperbaiki IP2770 yang mati total disebabkan karena kerusakan IC ini kita bisa ganti menggunaankn IC lain yang masih normal atau dibelikan IC baru.
Setelah IC diganti seharusnya kaki-kaki IC tersebut tidak ada yang rusak seperti gambar dibawah ini.

IP2770 Mati Total Karena IC Rusak

Jangan lupa untuk membersihkan area dibawah IC yang terkena tinta, karena jika tidak dibersihkan bisa jadi akan menyebabkan kerusakan yang sama pada IC penggantinya.

IP2770 Mati Total Karena IC Rusak

Dengan mengganti IC tersebut maka IP2770 yang mati total bisa kembali bekerja dengan normal, namun jika tetap belum bisa dinyalakan kita harus cek lebih lanjut terhadap semua komponen power termasuk mosfet dan fuse.

One thought on “IP2770 Mati Total Karena IC Rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *