Laptop Lemot Apa Hardisknya Rusak

Diposting pada

Laptop lemot, sangat lambat saat membuka aplikasi tertentu atau saat baru dinyalakan proses booting lama sekali bahkan tidak ada efeknya walaupun kita pencet-pencet tombol keyboard secara acak, apakah benar ini disebabkan karena kerusakan pada hardisk atau hard drive?

Laptop Lemot Apa Hardisknya Rusak

Nah pada bahasan kali ini kita akan share tentang salah satu cara untuk mendeteksi sebuah laptop lemot yang disebabkan karena kerusakan hard disk, ini langkah-langkahnya.
1. Nyalakan laptop dan biarkan melakukan proses seperti biasanya, Setelah proses booting selesai silahkan membuka aplikasi yang biasanya sangat lambat prosesnya, saat terjadi loading tempelkan telinga kita pada bagian kesing yang berdekatan dan posisinya tepat di bagian hard disk. Jika terdengar suara ngik-ngik berulang-ulang, atau suara krek-krek atau suara apapun yang berulang-ulang dengan frekuensi sama maka ini pertanda hardisk memang sudah tidak bekerja sebagaimana mestinya ( rusak ).
2. Jika proses booting lama sekali, saat terjadi proses tempelkan telinga seperti pada langkah pertama.

Hampir semua jenis kerusakan pada hard disk laptop ditandai dengan suara yang muncul berulang-ulang dari dalam hard disk dengan frekuensi yang sama, menandai bahwa head sedang berusaha membaca file yang ada pada disk namun selalu gagal, dengan memperhatikan suara yang muncul dari dalam hard disk kita bisa mengetahui kondisi hard disk tersebut untuk di tindak lanjuti sesuai dengan jenis kerusakannya.

One thought on “Laptop Lemot Apa Hardisknya Rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *