Proyektor BenQ Alarm Lampu Menyala

Diposting pada

Bagaimana cara memperbaiki proyektor BenQ yang indikator lampuny menyala padahal lampu masih normal, yuk kita bahas. Berdasarkan pengalaman indikator lampu pada proyektor benQ yang menyala sesaat setelah proyektor dinyalakan dan lampu belum sempat menyala belum tentu disebabkan karena kerusakan lampu.
Bahkan pada umumnya tidak disebabkan karena kerusakan lampu.
Salah satu penyebab indikator lampu menyala adalah gagalnya system saat akan mengalirkan arus menuju unit lampu termasuk balast. Jadi penyebabnya adalah kerusakan pada balast.
Terdapat salah satu komponen yang penting pada kasus ini, Mosfet. Pada jalur input balast terdapat sebuah mosfet yang di kontrol oleh sebuah IC kecil. Jika Mosfet short, maka indikator lampu akan menyala, demikian juga jika IC kontrol rusak atau tidak bekerja secara optimal karena salah satu komponen pendukungnya rusak maka juga menyebabkan indikator lampu akan menyala.
Pertanyaannya adalah dimanakah letak mosfet dan ic kontrol tersebut? Jawabannya tentu saja berbeda-beda tergantung type dari proyektor yang sedang kita perbaiki. Untuk jenis proyektor BenQ yang balastnya menyatu dengan board power supply misalnya tentu berbeda dengan proyektor BenQ yang balasnya berdiri sendiri dalam satu block board ( biasanya pada type lama ).
Bagi temen-temen yang sudah professional hal ini tidak menjadi masalah, anda langsung bisa cek kondisi mosfet dan ic kontrolnya. namun bagi pemula kita akan berikan beberapa contoh letak mosfet dan ic kontrol tersebut, kita akan bahas di bagian selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *