Error P 1 0 Pada MP258, Analisa Teoritis

Diposting pada

Teori munculnya error P10 pada printer Canon MP258 adalah gagalnya sumber tegangan masuk ke zona katrid ( carriege/home cartridge ), saat printer baru saja dinyalakan maka tegangan yang akan masuk ke zona katrid juga muncul untuk memberikan supply pada katrid agar katrid bisa aktif dan terdeteksi oleh system yang bekerja mendeteksi kondisi katrid di bagian logic board.
Nah komponen yang bekerja menjadi saklar atas tegangan supply tersebut adalah sebuah mosfet dan di bagian pemicu terdapat sebuah resistor penghambat tegangan. Saat printer dinyalakan maka tegangan sumber melalui resistor tersebut masuk ke kaki pemicu mosfet dan mosfetpun bekerja seperti saklar ON dan meyalurkan tegangan ke zona katrid, namun jika terdapat kondisi tertentu pada katrid atau dudukan-nya maka tegangan bisa gagal masuk dan menyebabkan system memutuskan tegangan ke bagian pemicu mosfet dan mosfetpun bekerja seperti saklar yang OFF kemudian muncullah pesan error pada bagian panel display P-1-0 secara bergantian.
Penyebab lain munculnya error P10 adalah karena kerusakan pada resistor yang kita bahas diatas sehingga tegangan pemicu tidak bisa masuk ke kaki pemicu mosfet, ini yang sering terjadi, yang bahasnnya sudah kita share di posting terdahulu.
Gambar mosfet yang dimaksud adalah seperti foto dibawah.

Error P 1 0 Pada MP258

Gambar resistor :

Error P 1 0 Pada MP258

Pada umunya error P10 ini disebabkan karena resistor 752 sudah rusak atau performance-nya sudah kurang baik, namun tidak menutup kemungkinan bahwa penyebabnya adalah karena kerusakan mosfet atau bagian zona katrid, atau home katrid terdapat banyak kotoran bekas cipratan tinta.

2 thoughts on “Error P 1 0 Pada MP258, Analisa Teoritis

  1. mau nanya sekligus saran mas tapi agax nggak sesuai topik di atas…
    kalau saya ingin tahu fungsi dari setiap pin-pin flexsibel g mana ya mas? soalnya saya cari dari google sulitnya minta ampun mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *