Memperbaiki Tablet Layar Gelap

Tablet yang bisa dinyalakan tapi layar gelap bisa diperbaiki dengan cara melakukan penelusuran pada komponen-komponen pendukung backlight atau lampu back LCD. Untuk memastikan bahwa tab bisa dinyalakan denan normal kita bisa menyalakan tb di bawah sinar lampu, jika masih normal kita bisa melihat tampilan pada layar muncul seperti biasanya namun remang-remang, nah ini bukti bahwa backlight layar tablet sedang bermasalah.
Secara umum pendukung backlight layar tablet ada 2 komponen penting : Driver, Coil. Driver berupa sebuah IC penaik tegangan dan coil berupa gulungan lilitan (kumparan). Kedua komponen ini bekerja menaikkan tegangan baterai 3,7 Volt atau lebih kurang menjadi 4 Volt atau lebih.
Nah kali ini kita akan share pengalaman tentang memperbaiki kerusakan seperti diatas pada tablet dengan merk Gosco, dimana tablet ini bisa nyala namun layarnya gelap. Langsung ke TKP lihat gambar dibawah.
Memperbaiki Tablet Layar Gelap
Pada kasus ini setelah dicek ternyata deoda dan coil yang perlu diganti, coil yang putus bisa dilihat menggunakan multitester dan bisa diganti dengan sembarang coil, banyak di jumpai pada motherboard Laptop. Hati-hati dengan deoda, jika deoda putus tegangan di output coil akan sangat besar sekali, namun ini bisa dijadikan patokan kondisi driver dan deoda. Jika deoda dan coil aman maka driver tewas.
Driver setiap tablet bisa berbeda-beda tergantung merknya, namun secara umum prinsip kerjanya sama. Dengan mengganti coil dan deoda tablet yang layarnya gelap tersebut bisa kembali normal. Tonton video service di channel youtube kami : channel jiwacomp

1 Response to "Memperbaiki Tablet Layar Gelap"

Jika komentar anda tidak muncul silahkan tulis komentar pada posting yang lain, yang belum terlalu banyak jumlah komentarnya