Menemukan Komponen Short Pada Laptop Mati Total

Diposting pada

Berbagai cara bisa kita lakukan untuk menemukan komponen yang short atau konslet pada laptop mati total yang disebabkan terdapat komponen yang short, salah satunya adalah dengan memisahkan area konslet dengan rangkaian yang lain dengan tujuan mengecilkan jumlah kemungkinan komponen yang short tersebut.
Pada beberapa jenis motherboard laptop terdapat beberapa jumper yang memungkinkan kita untuk memutusnya menggunakan solder.

Menemukan Komponen Short Pada Laptop Mati Total

Cara memisahkannya cukup menggunakan cairan flux dan solder yang bagus maka jumper-pun putus, untuk memastikan kita bisa cek menggunakan multitester. Setelah jumper dipisahkan tentu saja salah satu bagian short dan bagian yang lain seharusnya tidak short dan kita bisa lebih mudah menyempitkan kemungkinan jumlah komponen yag short dan bisa menemukan yang ruska lebih mudah.
Atau dengan melepas komponen dengan kode PL atau L, yaitu induktor.

Menemukan Komponen Short Pada Laptop Mati Total

Hampir semua level tegangan pada motherbaord laptop melewati komponen induktor sebelum di distribusikan ke rangkaian selanjutnya, maka ini bisa kita lepas untuk memisahkan beban dari tegangan tertentu dari sumbernya sehingga kita bisa cek komponen yang short terdapat di area sumber tegangan atau di area beban.

3 thoughts on “Menemukan Komponen Short Pada Laptop Mati Total

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *