Memperbaiki Laptop Tampilannya Berantakan

Diposting pada

Cara memperbaiki laptop yang tampilannya berantakan namun bisa proses booting atau kadang booting juga gagal akan kita bahas pada posting ini, di dasarkan pada pengalaman real pada laptop jenis HP 15″ yang tampilannya kotak-kotak dan tidak sempurna namun masih bisa dinyalakan dengan normal.

Laptop HP ini Chipset VGA dan prosesor memiliki satu pendingin dengan satu buah fan ( Heatsink ) dan terdeteksi bahwa penyebab trouble adalah buntunya ventilasi pada pendingin tersebut. Maka untuk memperbaikinya kita bisa melakukan action berikut :
1. Bongkar kesing laptop. Secara umum pembungkaran kesing laptop dimulai dari melepas baterai dan diikuti dengan keyboard, namun pada laptop tertentu mungkin saja urutannya akan berbeda silahkan dikondisikan.
2. Kita harus bisa mengakses pendingin processor dan atau VGA. Setelah kita bisa mencapai motherboard laptop maka kita perlu check pendingin prosesor atau VGA. Biasanya sirip pendingin tersebut dimana seharusnya udara panas dari prosesor atau VGA melewatinya untuk dibuang keluar oleh Fan telah buntu oleh kotoran yang menumpuk sedikit demi sedikit yang lama kelamaan bisa bikin buntu. Jika sirip pendingin buntu maka prosesor akan sangat panas ketika laptop sedang melakukan proses tertentu. Demikian juga chipset VGA jika pendinginnya menjadi satu dengan pendingin tersebut maka akan sangat panas karena hasil panas tidak bisa dibuang keluar. Seperti pada Laptop HP yang telah kita tangani yang menggunakan VGA nVidia dan pendinginnya menjadi satu dengan pendingin prosesor.

3. Bersihkan pendingin tersebut. Pisahkan Fan atau kipas dari tembaganya dan bersihkan sampai benar-benar bersih.
4. Pemanasan chipset VGA. Tampilan yang berantakan adalah disebabkan karena adanya trouble pada chipset VGA yang memang bekerja menampilkan data apapun ke layar monitor ( LCD ). Dengan menggunakan heater blower panaskan chipset VGA dengan hati-hati. Suhu bisa diperkirakan kurang lebih 400 derajat celcius selama kira-kira 1 menit. Silahkan di kira-kira sendiri, jangan sampai kaki-kaki chipset benar-benar meleleh karena akan mengakibatkan short circuit dan kerusakan akan lebih parah lagi.

Baca juga :   Ciri-ciri Chipset Rusak Pada Laptop Mati Total


Setelah semua langkah dilakukan, dan setelah Chipset VGA dingin kembali kita bisa melakukan running test. Kita bisa Memperbaiki Laptop Tampilannya Berantakan dengan langkah-langkah diatas, semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Memperbaiki Laptop Tampilannya Berantakan

  1. Lap top sesudah hidup beberapa saat kira kira 20 menit .lalu muncul hujan dilayar
    Apakah penyebab nya .atau kepanasan mesin atau ada gejala yg nanti klu sudah dingin kita hidupkan .hidup kembali
    Mohon info nya apakah masih bisa diperbaikinya
    Terima kasih atas bantuannya
    Salam hormat
    Thalib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *