Aspire 4736Z Blank Karena Pendingin buntu

Diposting pada

Untuk memperbaiki laptop acer aspire 4736Z yang nge-blank atau black screen namun indikator power bisa menyala yang penyebabnya terdapat kotoran yang menggumpal pada bagian pembuangan udara panas di pendingin prosesor ( heatsink ), silahkan ikuti langkah-langkah berikut secara berurutan.
1. Coba nyalakan tanpa menggunakan baterai.
2. Cona nyalakan tanpa menggunakan keyboard
3. Bungkar laptop dan lepas baterai CMOS, tunggu sekitar 2 – 5 menit kemudian coba nyalakan tanpa baterai CMOS.
4. Jika langkah-langkah diatas sudha dilakukan dan belum membuahkan hasil, maka nyalakan laptop dan cek semua komponen dan pastikan tidak ada yang over heat atau terlalu panas.
5. Jika tetap belum berhasil lepaskan pendingin prosesor ( heatsink ) dan bersihkan.
6. Kemudian jika memungkinkan coba untuk menggunakan prosesor lain.
7. Jika ternyata prosesor normal ( biasanya memang bukan prosesornya yang rusak ), maka lakukan pemanasan pada chipset VGA menggunakan heater blower. Sebelumnya berilah cairan Flux pada sisi-sisi chipset tersebut kemudian panaskan dengan blower.

chipset VGA 4736z

8. Biasanya dengan melakukan pemanasan tersebut laptop bisa menyala kembali dengan normal.
9. Jika laptop sudah menyala namun mati mendadak sebelum proses booting maka lepas capasitor kotak yang ada di bagian bawah prosesor dan ganti dengan yang normal atau bisa diganti menggunakan kapasitor tantalum biasa dengan menumpuknya, kira-kira ukuran 330 4 buah.

Capasitor prosesor 4736z

Capasitor prosesor 4736z

Dengan melakukan langkah-demi langkah tersebut diatas maka inshaAllah laptop 4736z yang rusak black screen atau layarnya nge-blank bisa kembali normal dan kita bisa bekerja kembali dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *