Laptop Tidak Bisa Nyala Restart Terus Menerus

Diposting pada

Kali ini kita akan share tentang cara memperbaiki laptop yang tidak bisa nyala, saat tombol power ditekan lampu indikator menyala namun selang beberapa detik mati kemudian menyala sendiri dan mati lagi, demikian seterusnya. Laptop yang keta pernbaiki adalah jenis BenQ.
Detail kerusakan laptop ini adalah sebagai berikut :
1. Saat menggunakan baterai saja, saat tombol power ditekan maka indikator menyala namun belum muncul apa-apa di layar laptop mati.
2. Saat charger di masukkan, setelah tombol power di tekan maka indikator menyala namun mati lagi setelah beberapa detik sebelum muncul tampilan apapun pada layar.
Secara umum langkah-langkah yang sudah dilakukan adalah melakukan cek secara visual kemudian cek tegangan dan cek short circuit menggunakan multitester.
Analisa secara teori dari masalah tersebut adalah saat tegangan masuk ke system maka seperti ada beban yang terlalu berat sehingga menaikkan arus yang menyebabkan laptop melakukan proteksi dengan mematikan diri, pada umumnya hal semacam ini disebabkan oleh rusaknya kapasitor pada bagian jalur yang mendapatkan sumber tegangan setelah tombol power dinyalakan.
1. Cek semua kapasitor tantalum yang berbentuk kotak besar secara visual. Dari langkah ini kita temukan 1 buah kapasitor yang retak bodinya, kapasitor dengan ukuran 330. Ganti dengan yang normal.
2. Testing. Hasil masih belum sempurna.
3. Check tegangan pada titik kapasitor yang telah diganti. Hasil cek tegangan normal, berarti ada bagian lain yang belum sempurna.
4. Cek kapasitor menggunakan multitester, untuk menemukan adanya kapasitor yang short. Hasilnya ditemukan kapasitor yang ada dibawah prosesor yang short circuit ( konslet ).

5. Dengan mengganti kapasitor yang short tersebut laptop bisa kembali bekerja dengan normal.
Langkah-langkah diatas bisa memperbaiki laptop yang tidak bisa nyala tersebut, dan kembali bekerja normal, lihat video dibawah ini untuk lebih detailnya.


Semoga bermanfaat buat kamu yang sedang memperbaiki laptop yang tidak bisa nyala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *