Tidak Bisa Booting Belum Tentu Hardisk Rusak

Diposting pada

Salah satu penyebab laptop tidak bisa booting adalah karena hardisk tidak terdeteksi, maka tentu saja proses booting tidak bisa dimulai karena system dianggap tidak ada. Bagaimana cara memperbaiki kasus seperti ini.
Ada dua kemungkinan yang bisa kita curigai dari masalah tersebut diatas : Hardisk tidak bekerja atau device yang mendeteksi hardisk tidak bekerja. Device yang bertugas mendeteksi tentu saja konektor hardisk dan chipset i/o yang terhubung secara langsung dengan hardisk di dalam laptop.

Tidak Bisa Booting Belum Tentu Hardisk Rusak

Langkah-langkah yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut :
1. Pastikan kondisi hardisk. Untuk langkah ini kita bisa gunakan oscilator hardisk portable dengan menancapkan hardisk ke laptop lain. Jika kurang yakin, kita bisa gunakan hardisk lain pada laptop yang rusak.
2. Jika hardisk ternyata aman, maka kita bisa membungkar laptop dan melakukan pemanasan terhadap chipset i/o menggunakan heater blower dengan hati-hati. Langkah ini untuk memastikan agar kaki-kaki chipset terhubung dengna baik ke mainboard sehingga konektifitas-nya tidak terganggu, harapannya akan bisa mendeteksi hardisk dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *