Eee PC X101CH Black Screen

Diposting pada

Bagaimana cara memperbaiki netbook Asus Eee PC X101CH yang bisa dinyalakan tapi black screen atau nge-blank atau tidak ada tampilan apapun yang muncul di layar baik jelas maupun remang-remang ? Untuk netbook yang ini memang agak susah karena semua RAM dipasang onboard tanpa ada slot yang memungkinkan untuk mengganti RAM dengan mudah sebagaimana jenis laptop lain pada umumnya.
Salah satu penyebab laptop black screen adalah gagalnya RAM bekerja, nah demikian juga untuk netbook Eee PC jenis ini bisa juga disebabkan karena RAM salah satu adau dua-duanya rusak, nah cara memperbaikinya adalah sebagai berikut.
1. Bungkar kesing netbook untuk memudahkan mengakses motherboard
2. Angkat motherboard dan perhatikan RAM, sebagaimana gambar dibawah.

Eee PC X101CH Black Screen

Sebagaimana terlihat pada gambar diatas, 4 buat IC tersebut adalah IC RAM netbook Eee PC X101CH, onboard dan tidak mudah di bungkar pasang. Bagian RAM yang satu lagi adalah di bagian bawah motherboard.

Eee PC X101CH Black Screen

3. Untuk melakukan pengecekan lepas RAM pada salah satu bagian terlebih dahulu menggunakan heater blower atau alat yang lain, lepas ke-empat IC-nya, kemudian lakukan penge-tes.an

Jika yang rusak salah satu baigan saja biasanya dengan melepas bagian yang rusak tersebut netbook bisa kembali normal.
RAM Eee PC X101CH memang bikin rada ‘mumet’ namun dengan hati-hati dan telaten masalah black screen yang disebabkan karena RAM gagal pada netbook ini bisa diperbaiki dengna baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *