Salah Satu Penyebab CMOS Tidak Nyimpen

Diposting pada

Salah Satu Penyebab baterai CMOS tidak nyimpen pada sebuah komputer adalah karena dudukan baterainya sudah mulai longgar sehingga walaupun posisi baterai sudah tetap namun ternyata komputer tidak tahu kalau baterai CMOS telah dipasang karena koneksi baterai terhadap dudukannya yang kurang bagus.
Perhatikan gambar dibawah ini.

Salah Satu Penyebab CMOS Tidak Nyimpen

Gambar diatas adalah dudukan baterai CMOS pada motherboard Asus untuk komputer. Bagian yang di bulati adalah konektor untuk bagian negatif dan yang satunya lagi, yang seperti taring adalah untuk bagian positif baterai, bagian inilah yang menentukan koneksi baterai CMOS ke motherboard. Maka jika komputer kamu baterai CMOSnya tidak bisa nyimpan lakukan langkah-langkah berikut :
1. Cari tahu penyebabnya. Lakukan pengecekan terhadap kondisi baterai menggunakan Multi tester atau AVO meter. Posisikan selektor pada DCV 12 Volt, lihat gambar.

Salah Satu Penyebab CMOS Tidak Nyimpen

Kemudian letakkan probe hitam ke bagian ground motherboard.

Salah Satu Penyebab CMOS Tidak Nyimpen

Dan letakkan probe merah pada bagian + baterai CMOS.

Salah Satu Penyebab CMOS Tidak Nyimpen

Maka avo meter harus menunjukkan angka kisaran 3 Volt, jika tidak maka baterai rusak, ganti, selesai. Namun jika menunjukkan angka 3 Volt maka lanjutkan ke langkah berikutnya.
2. Cek tegangan pada bagian dudukan baterai CMOS, letakkan probe merah pada bagian dudukan + CMOS.

Salah Satu Penyebab CMOS Tidak Nyimpen

Jika pada bagian ini tidak ada tegangan, maka lepaslah baterai CMOS dan bersihkan bagian dudukannya baik + maupun –

Salah Satu Penyebab CMOS Tidak Nyimpen

Namun jika pada bagian ini tegangan 3 Volt juga normal maka kemungkinan kerusakan pada bagian motherboard, kita sudah share tentang bahasan ini silahkan diakses di sini.
Baterai CMOS berfungsi sebagai sumber energi untuk menyimpan settingan pada BIOS agar tidak berubah walaupun sumber listrik pada komputer dilepaskan, sehingga saat komputer kembali dinyalakan kita tidak perlu lagi melakukan setting ulang termasuk setting tanggal dan tahun serta proses booting.
Semoga dengna melakukan langkah-langkah diatas kamu bisa memperbaiki komputer kamu yang baterai cmosnya tidak mau nyimpen dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *