3D Video Controller Laptop Asus

Diposting pada

Jika kamu menemukan kesalahan driver pada 3D Video Controller di tampilan Device Manager pada laptop Asus maka ini membuktikan bahwa kamu sedang melakukan kesalahan pada instalasi driver VGA.
Sebagaimana pengalaman kami dalam menangani laptop Asus A450L. Steps yang kita terangkan pada artikel ini juga bisa di terapkan pada laptop Asus jenis lain yang menggunakan 2 buah graphics device yaitu Intel dan nVidia, ditandai dengan adanya logo nVidia pada casing laptop.

3D Video Controller Laptop Asus

3D Video Controller tidak bisa bekerja jika ada kesalahan dalam meng-instal kedua driver VGA tersebut, cara yang benar dalam melakukan install driver VGA adalah sebagai berikut :
1. Install terlebih dahulu driver chipset
2. Install driver VGA Intel terlebih dahulu
3. Install driver VGA nVidia
4. Jangan lupa untuk restart laptop.

Langkah-langkah diatas harus dilakukan berurutan, jika driver VGA Intel diinstall setelah driver nVidia maka 3D Video Controller akan error ditandai dengan adanya tanda tanya pada Device Manager dan tentu graphics nVidia tidak akan bekerja optimal termasuk untuk graphics 3 dimensi, dan jika setelah ini kita melakukan instalasi driver VGA nVidia maka tidak akan bisa berhasil memulai instalasi.

Bagaimana jika kita terlanjur melakukan kesalahan, dan driver VGA nVidia pada laptop Asus tidak bisa diinstal maka lakukan langkah-langkah berikut :
1. Lakukan unistall terhadap kedua driver VGA, baik intel maupun nVidia yang telah diinstal sebelumnya. Untuk action ini kita bisa masuk ke Control Panel dan cari option Uninstall a program, kemudian cari aplikasi yang menggunakan logo Intel dan nVidia, Uninstall semuanya kecuali Intel Management engine dan Intel Dynamic Platform jika ada.
2. Restart laptop Asus kamu
3. Install kembali driver VGA Intel
4. Setelah laptop di restart, install driver VGA nVidia.
5. Restart laptop, selesai

Dengan melakukan instalasi driver VGA antara Intel dan nVidia secara berurutan maka 3D Video Controller pada laptop Asus kamu tidak akan error dan VGA nVidia bisa bekerja optimal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *