Elco Rusak Penyebab Komputer Tidak Bisa Diinstall

Diposting pada

Elco pada motherboard sebuah komputer jika ada yang rusak ternyata bisa menyebabkan komputer tersebut tidak bisa diinstall ulang OS-nya, biasanya gagal ditengah jalan atau dumping. Ini adalah penyebab lain dari gagalnya proses instalasi Windows pada komputer selain yang sudah kita bahas pada posting sebelumnya.
Salah satu cara termudah mengenali Elco yang telah rusak adalah dengan mengamati secara visual, karena secara umum elco yang rusak bentuknya sudah berubah, lihat gambar dibawah.

Elco Rusak Penyebab Komputer Tidak Bisa Diinstall

Perhatikan panah warna merah pada gambar diatas, terlihat seperti akan meledak, inilah salah satu tanda sebuah elco telah rusak, atau paling tidak jika sudah mau meledak seperti itu berarti nilai capasitifnya telah berubah. Bandingkan dengan elco yang masih normal pada gambar dibawah ini.

Elco Rusak Penyebab Komputer Tidak Bisa Diinstall

Terlihat bagian atasnya rata dan tidak ada yang bocor atau berubah bentuk, inilah elco yang masih normal. Pada motherbaord komputer yang terdapat elco dengan kondisi seperti diterangkan diatas ( seperti mau meledak ) maka segera ganti dengan yang masih bagus agar komputer bisa diinstall ualng OS-nya dengan baik tanpa ada error ditengah jalan.

Kejadian ini biasanya sering terjadi pada daerah yang fluktuasi kenaikan dan penurunan tegangan listriknya terlalu ekstrim dan komputer tidak dilengkapi dengan Stavol yang memadai sehingga lonjakan arus listrik akan mempengaruhi tegangan yang masuk ke motherboard dan menyebabkan elco lebih cepat rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *