Hindari Melakukan Hal Ini Saat Laptop Macet

Diposting pada

Hindari melakukan hal-hal yang membahayakan saat laptop macet atau hang atau not responding atau gagal booting atau loading terus menerus tanpa henti atau gagal melakukan instalasi aplikasi baru dan tidak bisa diapa-apain atau error memory dumping atau prosesor pusing karena terlalu banyak aplikasi berjalan.

Hindari Melakukan Hal Ini Saat Laptop Macet

Hal-hal yang membahayakan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Saat laptop hanya menggunakan baterai, langsung cabut baterai.Ini tentu akan menyakiti hardisk yang akibatnya hardisk cepat rusak, atau malah langsung rusak
2. Saat laptop hanya menggunakan charger, langsung cabut charger. Ini juga menyebabkan hardisk segera rusak.
3. Saat laptop sedang diperbaiki, langsung cabut hardisk. Ekstrim banget, bisa bikin chipset IO kaget dan nge-lock.
4. Memukul ( menggebrak ) laptop ( hehe… ) agar hardisk segera melanjutkan proses, kadang berhasil tapi kasihan hardisknya.
5. Menutup laptop ( LCD ) tanpa dimatikan terlebih dahulu. Tidak seperti kondisi normal, menutup laptop pada saat laptop macet tidak bisa membuat laptop hibernate atau standby, sehingga jika laptop ditutup maka akan mengakibatkan over heat ( terlalu panas ).

Kita bisa mengambil langkah yang lebih bijaksana saat laptop macet atau ngambek, misalnya dengan menekan tombol power, di tekan dan ditahan sampai laptop benar-benar mati. Dengan menghindari hal-hal yang justru membahayakan laptop tersebut diharapkan laptop lebih awet dan tidak mudah rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *