Laptop Acer Memory Size Error

Diposting pada

Perlu diperhatikan bahwa penggantian memory RAM pada laptop tidaklah sembarangan asal tancep karena beberapa jenis tidak selalu cocok dengan laptop tertentu dan menyebabkan setiap laptop dinyalakan akan muncul pesan error Memory size error dan haris ditekan F1 untuk melanjutkan booting.

Laptop Acer Memory Size Error

Kadang pesan error tersebut tidak muncul namun RAM tidak bisa bekerja optimal. Maka jika kita melakukan upgrade RAM atau penambahan RAM pastikan bahwa RAM tersebut terdeteksi dengan baik oleh laptop, muncul di BIOS dan di system saat di cek. Perhatikan langkah-langkah berikuta dan lakukan secara berurutan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena RAM yang tidak sesuai bisa menyebabkan laptop “Dumping” dan bluescreen pada pemakaian dalam waktu tertentu.
1. Sebelum mengganti RAM lepad baterai dan charger
2. Bersihkan slot. Sekalian bungkar kesing memory alangkah baiknya jika slot dibersihkan juga.
3. Pasang RAM tambahan yang diinginkan, pastikan menancap dengan mantap dan terkunci dengan tepat.
4. Padang baterai dan lakukan running test
5. Perhatikan saat laptop baru nyala ( untuk windows 7 ke bawah ), perhatikan sesaat setelah laptop menampilkan logo, akan terlihat laptop membaca ukuran RAM, pastikan sesuai ukurannya sebagai indikasi bahwa semua RAM terdeteksi, atau check di BIOS.
6. Biarkan laptop masuk ke Windows.
7. Check RAM yang terdeteksi di system. Klik Start, Pilih Computer ( atau My computer ), Klik kanan dan klink Properties. Disi tampilan properties yang original akan menampilkan ukuran RAM, pastikan sesuai.
8. Jika RAM yang terdeteksi pada langkah 7 tidak sesuai, hanya terdeteksi RAM sebelum di upgrade, maka cek lagi kondisi RAM

Dengan melakukan langkah-langkah antisipasi diatas diharapkan proses upgrade atau penggantian RAM tidak menyebabkan masalah baru yang bisa menghabiskan waktu kita yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan yang lain.
Untuk masalah Laptop Acer  yang muncul Memory Size Error, ternyata memang penyebabnya juga karena proses upgrade memory yang tiak memperhatikan kesesuaian memory tersebut sehingga laptop menolak, maka solusi dari Memory size error adalah melakukan check up terhadap memory RAM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *