Service Laptop Black Screen Aspire 4552

Diposting pada

Langkah-langkah service laptop black screen Acer Aspire 4552 yang disebabkan karena chipset VGA gagal bekerja sehingga tidak bisa menampilkan gambar yang seharusnya tampil di layar LCD akan kita bahas pada kesempatan ini. Kasus yang kita akan bahas adalah Aspire 4552 yang tampilannya benar-benar kosong ( hitam legam ) dan laptop tidak bisa booting ( tidak ada tanda-tanda proses booting ) dan jika di test menggunakan eksternal monitor juga tidak tampil apa-apa.
Penyebab utama dari kasus ini adalah heatsink yang sangat kotor sehingga hampir saja sirip-sirip ventilasi buntu dan udara panas yang seharusnya dibuang keluar oleh kipas pendingin tidak bisa keluar dan menyebabkan gagalnya chipset bekerja.
Indikasi :
1. Indikator power menyala saat tombol power ditekan, baik menggunakan baterai maupun tanpa baterai.
2. Saat indikator power menyala jika tombol power ditekan sekali saja ( tanpa ditahan ) maka indikator langsung mati. Perlu diperhatikan bahwa kasusnya akan berbeda jika indikator tidak bisa mati kecuali tombol power harus ditekan dan ditahan sampai mati.
3. Proses charging normal ( pada kondisi laptop mati ) ditandai dengan menyalanya lampu charging.
4. RAM normal, ditandai dengan tidak adanya pengaruh apapun saat RAM diganti. Tetap black screen.
5. Processor normal, bisa panas saat dinyalakan.

Langkah-langkah Service laptop aspire 4552 black screen :
1. Lepaskan charger dan baterai
2. Lepaskan keyboard
3. Bungkar Kesing laptop ( Kesing dibuka dari belakang )
4. Lepas baterai CMOS. Demi keamanan agar tidak terjadi kerusakan tambahan.
5. Dengan menggunakan heater blower panaskan chipset VGA. Oleskan cairan flux pada chipset sebelum melakukan langkah ini untuk menghindari konsletnya kaki chipset jika blower terlalu panas.

Service Laptop Black Screen Aspire 4552

6. Setelah selesai tunggu sampai chipset VGA agak turun temperature-nya kemudian lakukan running test.

Berdasarkan pengalaman dengan melakukan langkah-langkah diatas maka kita bisa berhasil service laptop black screen jenis Aspire 4552 dan tentu saja langkah ini bisa diterapkan pada berbagai jenis laptop yang lain

2 thoughts on “Service Laptop Black Screen Aspire 4552

  1. siang om, laptop saya tipe 4552 juga,kalo tekan on/off lampu indikator berkedip tpi hanya berkedip 1 kali aja ,sama sekali laptopnya gk mau hidup. kalo dicheck mainboardnya normal semua listriknya sama komponen2.apa masalahnya om.mohon bantuan nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *