2 Langkah Saat Netbook Gagal Booting

Diposting pada

Yang kita bahas saat ini adalah 2 langkah saat netbook gagal booting dan diam saja pada posisi baru saja nyala, baru saja muncul tampilan di layar monitor padahal tidak hang dengan indikasi jika tombol capslock ditekan indikator bisa menyala dan bisa mati lagi saat ditekan lagi.
Tujuan 2 langkah ini adalah untuk menentukan sebenarnya apa sih penyebabnya yang bisa menghentikan proses booting netbook tersebut. 2 langkah tersebut adalah sebagai berikut :
1. Lepas keyboard. Matikan lagi netbook dengan menekan tombol power kemudian pada kondisi mati lepas keyboard. Kemudian nyalakan lagi netbook tanpa keyboard, jika berhasil booting sekarang kita telah tahu berarti sumber masalahnya adalah keyboard. Dan sekarang kita tidak lagi hanya mengira-ngira saja, langkah selanjutnya adlah tentu saja service keyboard.
2. Langkah kedua adalah melepas hardisk. Jika ternyata walaupun keybaord dilepas netbook tetap tidak mau booting dengan ciri-ciri seperti diterangkan di atas maka matikan netbook dan pada kondisi mati lepas hardisk. Selanjutnya nyalakan netbook tanpa hardisk. Jika ternyata netbook mau berproses sampai muncul dilayar keterangan bahwa hardisk tidak ditemukan atau tidak ada OS yang terdeteksi atau kita bisa dengan mudah masuk ke tampilan BIOS, maka ini indikasi ahwa hardisk bermasalah. Maka selanjutnya langkah kita adalah service hardisk.
Dengan melakukan 2 langkah taktis tersebut kita akan lebih mudah menemukan sumber masalah dari sebuah netbook yang gagal booting dan macet tidak perlu mengira-ngira lagi semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *