Cara Mencari Persamaan Mosfet Laptop

Diposting pada

Tips untuk teknisi pemula yang sedang memperbaiki motherboard yang rusak mosfetnya dan bingung mencari persamaannya.
Jika sudah dipastikan sebuah motherboard laptop rusak mosfetnya, konslet atau pecah atau bahan putus maka action selanjutnya tentu saja kita harus mengganti komponen yang telah rusak tersebut. Namun jika kita kesulitan mencari mosfet yang sama serinya maka silahkan lakukan langkah-langkah berikut untuk menemukan persamaannya.
1. Lihat kode atau nomor seri yang tertulis pada body mosfet tersebut.
2. Cara data sheetnya di internet, caranya buka google atau search engine yang lain, kemudian ketikkan nomor seri tersebut dan tambahkan kata-kata data sheet atau pdf, misalnya serinya B800 maka ketikkan pada google : B800 data sheet, atau B800 pdf. Maka di tampilan google akan muncul banyak sekali pilihan, silahkan pilih satu persatu sampai kita bisa mendapatkan datasheet yang falid.
3. Setelah dapat data sheetnya cari rating tegangan (Volt) dan arusnya (Ampere), ini akan kita jadikan patokan untuk mendapatkan mosfet lain sebagai penggantinya.
4. Selain Volt dan Ampere yang perlu kita catat adalah arah simbol dioda yang ada di dalam simbol mosfet, lihat pada gambar di data sheet.
5. Kemudian cari mosfet pengganti yang kita miliki, bisa diambil dari motherboard laptop yang lain yang sudah rusak mungkin, perhatikan kode serinyadan cari data sheetnya. Cari mosfet yang ratingnya sama atau diatasnya dan arah simbol diodanya sama ( jangan sampai tidak sama ).
Nah ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan persamaan mosfet laptop yang kita bisa ambil dari mosfet bekas pada motherboard laptop lain semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *