Ciri-ciri Katrid Printer Rusak

Diposting pada

Ciri ciri katrid printer rusak ada bermacam-macam, namun jika hasil printer canon atau HP bergaris-garis dan kita ragu-ragu apakah katrid dengan kondisi seperti ini masih bisa di perbaiki atau harus diganti dengan yang baru maka perhatikan ciri-ciri berikut :
1. Hasil printing bergaris-garis, ada yang bagus namun pada titik tertentu pada bolong atau tinta tidak keluar, maka ini jelas masalah ada pada head katrid. Head katrid adalah bagian yang ada di bagian bawah katrid yang menyemprotkan tinta.
2. Lakukan cek ringan menggunakan tisu, lepas katrid dan tempelkan bagian head katrid pada tisu. Jika pada tisu terlihat garis lurus hitam tanpa cacat, ini untuk katrid hitam, maka kemungkinan besar katrid telah rusak. Untuk antisipasi coba semprotkan udara pada katrid dibagian lubang atasnya menggunakan tabung suntik ( suntiknya dilepas terlebih dahulu ), tujuannya adalah mengurangi isi tinta jika berlebihan, namun jika hasil tetap bergaris maka ini menunjukkan bahwa katrid minta ganti.
Demikian juga pada katrid warna, jika ada warna yang tidak keluar, maka cek menggunakan tisu, jika pada tisu terlihat semua warna keluar sempurna maka ini adalah indikasi bahwa katrid rusak, namun jika pda tisu memang tidak terlihat muncul ini menjadi indikasi bahwa head kering dan kita masih bisa memperbaikinya dengan menyemprot pada lubang katrid di bagian warna yang bermasalah atau kita bisa rendam bagian headnya saja pada air panas.

Penjelasan tersebut diatas berlaku pada printer yang menggunakan katrid dengan filamen panas seperti canon dan HP, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *